1.096 JCH Maluku Siap Menuju Tanah Suci – Ambon Ekspres
Pilihan Redaktur

1.096 JCH Maluku Siap Menuju Tanah Suci

Walimatus Safar : Direktur Utama (Dirut) Ambon Ekspres, Machfud Waliulu melaksanakan acara Walimatus Safar sebelum keberangkatan menuju Tanah Suci Mekah guna menunaikan Ibadah Haji. Tampak sejumlah tamu undangan hadir, termasuk diantaranya Gubernur Maluku Said Assagaff.

AMEKS ONLINE, AMBON.––Sebanyak 1.096 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Maluku siap diberangkatkan ke tanah suci. Mereka terdiri dari 627 jamaah perempuan dan 450 jamaah laki-laki. Proses keberangkatan ini akan dimulai pada 3 Agustus 2017 dengan acara pelepasan oleh Pemprov Maluku.

Selanjutnya, para jamaah akan diberangkatkan dari Ambon menuju embarkasi Makassar pada 4 – 6 Agustus 2017. “Rencananya seperti itu. Pelepasan 1.096 calon jamaah haji oleh Gubernur Maluku Said Assagaff tanggal 3 Agustus bertempat di Asrama Haji Waiheru. Karena mereka sudah harus diberangkatkan menuju embarkasi Makassar pada tanggal 4 – 6 Agustus,” ujar kepala Kantor Kementerian Agama Maluku, Faesal Musaad kepada Ambon Ekspres via seluler, Minggu (30/7).

Menurutnya, jamaah sudah harus mempersiapkan diri sebelum memasuki bulan Agustus, apalagi mereka yang berasal dari kabupaten. Dari 11 kabupaten/kota di Maluku, hanya Kota Tual, Maluku Tenggara, Aru, Maluku Tenggara Barat (MTB), Maluku Barat Daya (MBD) yang tidak melewati Ambon. Mereka terbang langsung dari Langgur Tual menuju embarkasi Makassar.

Sedangkan untuk Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Kota Ambon, Seram Bagian Timur (SBT), Seram Bagian Barat, Buru dan Buru Selatan (Bursel), semuanya dikumpulkan pada satu titik untuk dilepas langsung Gubernur Maluku. “Jadi memang seperti itu. Pimpinan kantor agama tingkat kabupaten maupun pemerintah setempat sudah disampaikan bahwa pelepasannya pada tanggal yang sudah ditentukan.

Olehnya karena itu, kami harapkan agar para JCH harus menyiapkan semuanya dari sekarang, sehingga tidak ada yang terlambat,” ingatnya.
Musaad menambahkan, para jamaah akan diberangkatkan dari emberkasi Makassar menuju Mekkah Arab Saudi pada 7 Agustus. Selain JCH, dalam rombongan juga ditambah 13 orang yang terisi dari Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) serta 6 orang petugas kloter dan non kloter.

Ketua Komisi D DPRD Maluku Saadiyah Uluputty menambahkan, pihaknya sangat berharap selama perjalanan para JCH asal Maluku, mulai dari keberangkatan hingga sekembalinya semuanya dalam keadaan sehat walaifiat. Karena yang sering menjadi masalah para CJH adalah ketika tiba di Mekkah Arab Saudi, terjadi pertukaran iklim, yang sedikit beda dengan Indonesia. “Harapan kami di Komisi D yang membidangi haji memang seperti itu, semoga tidak ada kendala kepada mereka selama melaksanakan ibadah haji dengan khusuk. Apalagi untuk masalah kesehatan harus diperhatikan, karena setelah mereka disana ada terjadi perubahan iklim yang sedikit beda dengan di Indonesia. Dan ini bisa mempengaruhi kondisi mereka jika tidak dijaga dengan baik,” harapnya.

DIRUT AMEKS NAIK HAJI
Diantara JCH yang akan berangkat ke Tanah Suci adalah Direktur Utama (Dirut) Ambon Ekspres, Machfud Waliulu dan Ny Amelya Waliulu. Pasangan suami isteri ini akan bersama-sama dengan 1.094 JCH asal Maluku menunaikan rukun Islam ke 5.

Sebelum keberangkatan, Dirut Ameks mengadakan acara Walimatus Safar dikediamannya di Kebun Cengkih, Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau. Sejumlah tamu undangan hadir untuk mendoakan agar keberangkaran haji bagi Dirut Ameks dan isteri ini bisa berjalan dengan aman, lancar dan menjadi haji yang mabrur.

Selain dihadiri karyawan Ambon Ekspres, tampak juga Gubernur Maluku Said Assagaff, Wakil Gubernur Zeth Sahuburua, Rektor Universitas Pattimura Prof MJ Sapteno, Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun, Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulisa, Bupati Seram Bagian Timur Mukti Keliobas, Kepala Dinas Pendidikan Maluku Saleh Thio, sesepuh masyarakat Desa Luhu serta sejumlah tamu lainnya.(WHB)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!