Golkar Maluku Tetapkan Assagaff Calon gubernur Wakil 4 Nama, Anderias Paling Pantas – Ambon Ekspres
Politik

Golkar Maluku Tetapkan Assagaff Calon gubernur Wakil 4 Nama, Anderias Paling Pantas

Ilustrasi

AMEKS ONLINE, AMBON.––Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Golkar Maluku, secara aklamasi menetapkan Ir Said Assagaff sebagai calon Gubernur Maluku periode 2018-2023. Sementara untuk wakil, ada empat orang yang diusulkan. Kini tinggal menunggu keputusan DPP.

Sekretaris DPD I Golkar Maluku, Roland Tahapary mengatakan, kesepakatan semua pimpinan DPD 11 kabupaten/ kota, memutuskan satu kader dari internal Golkar yang maju sebagai calon gubernur yakni Said Assagaff.

Untuk wakil gubernur, kata dia, diputuskan untuk diusulkan empat nama. Keempatnya masing-masing Anderias Rentanubun, Zeth Sahuburua, Edwin Huwae dan Mozes Rudi Timisela. Olehnya itu, DPD hanya tinggal menunggu keputusan DPP, terkait pasangan yang akan berdampingan dengan Assagaff. “Perlu diketahui bahwa, Rapimda DPD I Golkar Maluku telah melahirkan dua keputusan. Pertama secara aklamasi dengan menetapkan Said Assagaff sebagai calon gubernur dari Partai Golkar periode 2018-2023. Yang kedua, kami telah mengusulkan empat calon wakil gubernur yakni Zeth Sahuburua, Andreas Rentanubun, Mozes Rudy Timisella dan Edwin Huwae. Kita hanya mengusulkan saja, tetapi yang memutuskan adalah DPP,” ungkap Roland saat memberikan keterangan pers usai rapimda.

Penetapan empat nama itu dalam Rapimda di Swissbelhotel, Sabtu (27/7). Selanjutnya, diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk menetapkan satu nama.

ANDERIAS TERTINGGI
Sementara itu, survei Sinergi Data Indonesia (SDI) yang dipaparkan dalam Rapimda Golkar menunjukkan Anderias memiliki elektabilitas (keterpilihan) tertinggi. Jika pilkada dilakukan hari ini, Anderias mendapatakan dukungan sebagai pendamping Assagaff sebanyak 21, 40 persen. Disusul Zeth Sahuburua 14.60 persen, Edwian Adrian Huwae 7.60 persen dan Mozes Rudi Timisela 2.00 persen.

Dikrektur SDI Barkah Pattimahu mengatakan, tingginya survei Anderias karena sejumlah faktor. Dari aspek geo-politik, Anderias unggul di Tenggara Raya. Ini karena ia satu-satunya bakal calon wakil gubernur dari Tenggara yang masuk dalam simulasi survei.

Sedangkan tujuh balon wagub lainnya, yakni Zeth Sahuburua, Edwin Huwae dan Mozes Rudi Timisela, Hendrik Lewerissa, John Ruhulessin, Lucky Wattimury dan Michael Wattimena berasal dari Maluku Tengah. “Karena wakil yang disurvei dari Tenggara cuman dia doang. Survei khusus wakil, cuman dia yang dari Tenggara. Sementara Pak Ethy (Zeth Sahuburua) itu kan memperebut suara dengan tokoh-tokoh di Maluku Tengah seperti Hendrik Lewerissa, Michael Wattimena, John Ruhulessin dan Edwin Huwae,” jelas Barkah.

Selain itu, jelas Barkah, Andre juga merupakan kepala daerah (Bupati Maluku Tenggara) dan sering menempel dengan Said Assagaff dalam acara-acara resmi maupun acara santai. “Tentu ditambah dengan sosialisasi dia dan timnya selama ini dan segala macam,” paparnya.

Said Assagaff kepada wartawan mengatakan, wakil merupakan kewenangan DPP. “Untuk wakil belum bisa diputuskan, karena kita semua dengar di DPP. Publik akan tau saja siapa wakil saya, setelah diputuskan nanti oleh DPP ,” katanya.(WHB)

Click to comment

Most Popular

To Top