Wawali Lepas 336 JCH Kota Ambon – Ambon Ekspres
Berita Utama

Wawali Lepas 336 JCH Kota Ambon

PELEPASAN : Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Ambon saat mengikuti acara pelepasan oleh Wakil Walikota Ambon Syarief Hadler di gedung Ashari-Al Fatah, Selasa (1/8).

AMEKS ONLINE, AMBON.––Sebanyak 336 Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Ambon resmi dilepaskan Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler untuk melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Acara pelepasan berlangsung di Gedung Asari Al-Fatah Ambon, Selasa (1/8).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Ambon, Rusydi Latuconsina dalam laporannya mengatakan, total ada 339 JCH Kota Ambon yang terdaftar. Namun yang dipastikan berangkat berjumlah 336 jamaah. “Tiga orang lainnya yang tidak bisa diberangkatkan karena ada yang meninggal, hamil dan sakit,” ucap Rusydi.

Dikatakan, berdasarkan wilayah kecamatan, JCH Kecamatan Sirimau berjumlah 271 orang, Kecamatan Nusaniwe 33 orang serta Kecamatan Teluk Ambon 35 orang. Total ada 131 jamaah laki-laki dan 208 jamaah perempuan. “Usia tertua untuk jamaah asal Kota Ambon adalah 86 tahun atas nama Kataruddin bin Achmad Lolialang. Sementara yang termuda berusia 24 tahun atas nama Sri Malinda Putuhena binti H Abd Bar Putuhena,” jelasnya.

Dikatakan, JCH Kota Ambon selanjutnya akan bergabung di dalam Kloter 13 Embarkasi Makassar bersama JCH dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). “Para jamaah ini telah dibagi dalam 8 rombongan dan 30 regu dimana tiap-tiap rombongan membawa masing-masing empat regu serta dipimpin oleh satu orang ketua rombongan,’’ beber dia.

Dijelaskan, JCH Kota Ambon telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan selama dua tahap yaitu pada 12 Februari hingga Maret 2017 di Puskesmas Waihaong dan Air Besar sebagai tahap pertama. Sementara tahap kedua dilaksanakan pada 12-24 Juli di Dinas Kesehatan Kota Ambon berupa pemberian vaksin meningitis.

Setelah acara pelepasan, sesuai jadwal para jamaah akan diberangkatkan dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia menuju Makassar, Sulawesi Selatan pada 4 Agustus 2017 dalam 3 kelompok penerbangan. “Selanjutnya 6 Agustus keseluruhan JCH Kota Ambon yang tergabung dalam Kloter 13 akan diberangkatkan ke Arab Saudi dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar,’’ tandas dia.

Sementara itu, Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler dalam sambutannya berpesan agar momentum pelaksanaan ibadah haji tidak hanya sekedar dalam rangka menunaikan rukun Islam ke 5 saja, tetapi perlunya pemaknaan iman Islamnya yang mendalam.

Dikatakan, kuota haji Kota Ambon mengalami kenaikan menjadi 345. Dengan demikian daftar tunggu haji Kota Ambon yang mencapai 4.000 orang akan menjadi 10 tahun. ‘’Intinya animo umat Islam untuk menunaikan ibadah haji semakin meningkat karena makin baiknya tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Ambon,’’ tandas Syarief.

Menurut dia, Pemkot Ambon juga terus meningkatkan mutu pelayanan bagi JCH Kota Ambon baik itu saat keberangkatan maupun kepulangan ke tanah air. “Penyelenggaran ibadah haji merupakan tugas nasional dan menjadi tanggungjawab pemerintah serta peran dari masyarakat dalam penyelenggaraan ibadah haji dengan tujuan memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah haji Indonesia dengan terus melakukan perbaikan kepada aspek-aspeknya mulai dari keberangkatan hingga kepulangan ke tanah air. Oleh sebab itu Pemkot Ambon terus memberikan dukungan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji sesuai dengan amanah UU,” tandasnya.(IWU)

Click to comment

Most Popular

To Top