Banyak Jenderal Polisi Terjun ke Politik – Ambon Ekspres
Politik

Banyak Jenderal Polisi Terjun ke Politik

Polri Brigjen Rikwanto

AMEKS ONLINE.–Petinggi Polri mulai diterpa isu terjun ke politik. Mulai dari Kapolri hingga para perwira tinggi (pati). Ada yang disebut bakal menjadi calon wakil presiden hingga menjadi kepala daerah.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, para jenderal yang sesumbar untuk ikut Pilkada 2018 harus melalui mekanisme, yakni pengunduran diri. “Ya kalau ikut pilkada, pada saatnya nanti akan mengajukan pengunduran diri dari dinas kepolisian,” kata dia kepada JawaPos.com (Group Ambon Ekspres), Minggu (6/8).

Namun, dia memastikan, hingga detik ini belum ada pati yang memang bersungguh-sungguh ingin menjadi kepala daerah dan mengundurkan diri dari kepolisian. “Yang mengajukan pengunduran diri belum ada,” tegas dia.

Sebelumnya Polri memang digoyang dengan isu politisasi sejumlah pejabatnya. Selain Kapolri Jenderal Tito Karnavian disebut-sebut bakal ikut meramaikan pencapresan 2019, sejumlah anak buahnya di level perwira tinggi (pati) pun demikian. Hanya saja mereka lebih membidik level kepala daerah di Pilkada 2018.

Adapun sejumlah pati yang disebut-sebut terjun ke Pilkada 2018 yakni, Dankorbrimob Irjen Murad Ismail, Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan, dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw.

Murad Ismail rencananya maju sebagai calon Gubernur Maluku. Anton Charliyan dikabarkan maju sebagai calon gubernur di daerah sendiri, Jawa Barat. Sedangkan Paulus Waterpauw juga akan bersaing menjadi calon gubernur Papua, daerah asalnya.

Dankorbrimob Irjen Murad Ismail mengakui memang memiliki rencana untuk maju sebagai calon kepala daerah di Maluku. “Maluku ini perlu diperbaiki,” ujarnya. Sedangkan pati lainnya belum memerikan komentar resminya kepada publik.(elf/JPC)

Most Popular

To Top