Hari Ini 98 JCH SBT ke Jeddah – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Hari Ini 98 JCH SBT ke Jeddah

AMEKS ONLINE–Sebanyak 98 Jamaah Calon Haji (JCH) asal kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang diberangkat di Ambon, Sabtu (5/8) ke embarkasi Makassar, kini menanti kebarangkatan ke Jeddah. Pemerintah daerah SBT berharap para JCH melaksanakan ibadah haji dengan sempurna.
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab SBT, Segaf kelrey mengatakan, kuota JCH SBT tahun 2017 sebanyak 99 orang. Namun, setelah pelepasan di SBT menuju kota Ambon,Rabu (2/8) Abdul Kadir Muges (57) salah satu JCH, meninggal dunia.

“Pelepasan oleh Bupati (Mukti Keliobas) secara resmi sebanyak 99 orang. Tapi pada besoknya keberangkatan, satu jamaah calon haji Allah meningal dunia atas nama bapak Abdul Kader Muges dari kecamatan Kilmury. Itu dalam persiapan naik bus ke Pelabuban di Sesar untuk ke Ambon,”jelas Kelrey kepada wartawan disela-sela pelepasan JCH SBT Le Green, menuju Bandara Pattimura untuk keberangkatan ke Makassar.

Kelrey menjelaskan, Ongkos Naik Haji (ONH) JCH yang meninggal, akan dikembalikan kepada keluarga. Ini merupakan tanggung jawab Kementerian Agama. “Itu secara teknis ditanyakan ke Kementrian Agama. Tetapi, setahu saya, pasti ada pengembalian uang haji,”paparnya.
JCH SBT yang merupakan kloter 14 akan berangkat dari embarkasi Makkasar, Sulawesi Selatan ke Jeddah, Arab Saudi, Senin (7/8) hari ini. “Berangkat ke Makassar haru ini (Sabtu (5/8). Insyah Allah dari embarkasi Makassar ke Jeddah tanggal 7 Agustus,”katanya.

Dia berharap JCH asal SBT dapat melaksnakan rukun dan wajib haji secara sempurna guna mendapt gelar haji mabrur. Haji Mabrur adalah haji yang diterima dan diikhlaskan oleh Allah SWT, karena ibadah hajinya telah dilakukan dengan baik dan benar serta dengan bekal yang halal, suci dan bersih.
“Harapan ke Jammah haji mereka berangkat dalam kondisi sehat walafiat, sehingga merela bisa menyelesaikan rukun dan wajib haji guna menggapai haji mabrur,” imbuhnya. (TAB)

Click to comment

Most Popular

To Top