Krisis Semenanjung Korea – Ambon Ekspres
Internasional

Krisis Semenanjung Korea

ASEAN Desak Korut Patuhi Resolusi DK PBB

AMEKS ONLINE–Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN menyatakan sikapnya terhadap uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara (Korut), yang menyebabkan peningkatan ketegangan di Semenanjung Korea. ASEAN menyatakan keprihatinan atas perkembangan di kawasan itu dan mendesak Korut untuk mematuhi resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB terkait.

Pernyataan yang muncul setelah adanya pertemuan antara Menteri Luar Negeri ASEAN di Manila, Filipina itu menyebutkan perkembangan di Semenanjung Korea telah membawa ancaman serius bagi stabilitas, dan keamanan kawasan Asia, khususnya ASEAN dan juga dunia.
“Kami, Menteri Luar Negeri ASEAN mengulangi keprihatinan serius kita atas eskalasi ketegangan di Semenanjung Korea, termasuk pengujian terakhir oleh Demokrat Republik Rakyat Korea (DPRK) rudal balistik antarbenua (ICBM) pada 4 dan 28 Juli 2017 dan peluncuran rudal balistik sebelumnya dan dua uji coba nuklir pada 2016,” kata Menlu ASEAN dalam pernyataan bersama pada Minggu (6/8/2017).

“Perkembangan ini secara serius mengancam perdamaian, keamanan dan stabilitas di wilayah dan dunia. Dalam hal ini, kami sangat mendesak DPRK untuk segera mematuhi sepenuhnya kewajibannya berdasarkan semua resolusi DK PBB yang relevam,” sambungnya.
Para Menlu ASEAN juga mengulangi dukungan denuklirisasi di Semenanjung Korea, dan mengimbau kepada semua pihak untuk menahan diri, serta menggarisbawahi pentingnya menciptakan kondisi yang kondusif untuk dialog untuk menghilangkan ketegangan.

Mereka juga meyatakan dukungan terhadap inisiatif untuk memperbaiki hubungan antar-Korea. Membangun perdamaian permanen di Semenanjung Korea dan menyatakan ASEAN siap memainkan peran konstruktif dalam berkontribusi terhadap perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

“Kami sangat menyerukan kepada DPRK, sebagai peserta ASEAN Regional Forum, untuk berkontribusi secara positif mewujudkan Visi ARF untuk mempertahankan Asia-Pasifik sebagai daerah yang abadi, stabilitas, persahabatan dan perdamaian abadi Kemakmuran di mana negara dan organisasi, baik di dalam maupun di luar negeri, bekerja dalam semangat saling percaya, menghargai, dan mengatasi ancaman keamanan, dan tantangan dan mencegah eskalasi konflik potensial dengan tujuan menciptakan lingkungan yang kondusif pembangunan berkelanjutan, kemajuan sosial dan peningkatan kualitas hidup semua orang di wilayah ini,” bunyi pernyataan Menlu se-ASEAN. (NET)

Click to comment

Most Popular

To Top