Tahun Ini tak Ada Penerimaan CPNS – Ambon Ekspres
Berita Utama

Tahun Ini tak Ada Penerimaan CPNS

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.––Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku belum membuka kran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun honor daerah tahun ini. Terhitung sudah hampir lima tahun kran itu ditutup. Kapan akan dibuka lagi belum ditentukan pemerintah.

Belum dibukanya penerimaan CPNS dipastikan Kepala Badan kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Maluku, Sehetapy Femmy. Pernyataan Sahetapy sekaligus menepis beredarnya informasi akan ada penerimaan CPNS dan pegawai honor di Pemprov Maluku. “Ini informasi resmi dari Badan kepegawaian Negera (BKN), Kemenpan RB, dan BKD, bahwa selama ini, atau sampai detik ini (kemarin red), belum ada penerimaan CPNS dan honorer, di provinsi maupun seluruh departeman yang ada kecuali disatu kementerian,” jelas dia kepada wartawan Sabtu (5/8).

Kementerian yang buka penerimaan CPNS, yakni dilingkup Kementerian Hukum dan HAM termasuk juga sampai di Maluku. “Jadi silakan anak-anak kami yang mau daftar, atau masuk, langsung ke Kantor Kemenkum HAM terdekat,” kata dia.

Sahetapy mengingatkan kepada masyarakat yang ingin mendaftarkan diri sebagai CPNS di Kemenkumham langsung bisa membuka dilaman website kemenkumham atau ke kantor terdekat. ‘’Jangan sekali-kali mempercayai informasi yang belum memiliki kepastian sumbernya, karena itu berbahaya,” ujarnya.

Disinggung soal penerimaan dari Kementerian Keuangan RI, Sahetapy menjelaskan, itu semacam ikatan dinas atau kontrak. Namun itu juga belum bisa dipastikan. Karena itu masyarakat diharapkan jangan mudah percaya. “Kemudian Kemenag (Kementerian Agama) juga tidak ada,” terangnya.

Sementara untuk kabupaten/kota, pejabat yang tak menggunakan mobil dinas ini mengatakan, pihaknya belum juga menerima informasi secara detail. “Untuk yang di Maluku Tenggara itu urusan kabupaten, dan kami memang belum terima secara resmi. Informasinya Kota Ambon akan terima juga, tetapi kuota dari BKN dan Kemepan RB, itu juga belum ada dan kami belum tahu. Jadi semua masih dalam situasi moratorium untuk penerimaan CPNS selama beberapa tahun terakhir ini,” tegas dia.
(AHA)

Most Popular

To Top