Pemkot Ambon Raih Penghargaan Inagara – Ambon Ekspres
Amboina

Pemkot Ambon Raih Penghargaan Inagara

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menerima penghargaan Inagara dari Lembaga Administrasi Negara (LAN). Tampak Louhenapessy mendapat ucapan selamat Kepala LAN Adi Suryanto didampingi Menteri ESDM Ignasius Jonan, Senin (7/8)

AMEKS ONLINE, AMBON.––Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dianugrahi penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara) dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Jakarta, Senin (7/8). Kota Ambon termasuk diantara 12 daerah di Indonesia yang masuk dalam kategori daerah yang dinilai berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan inovasi adiministrasi negara.

Dari 11 kabupaten/kota di Maluku, hanya Kota Ambon dibawah kepemimpinan Walikota Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Syarif Hadler yang dinilai memenuhi kriteria untuk mendapat penghargaan Inagara. Sebanyak 12 daerah yang mendapat penghargaan itu masing-masing Kota Ambon, Kabupaten Kudus, Kabupaten Tulung Agung, Kabupaten Banyumas, Kota Solo, Kabupaten Bone, Kabupaten Seragen, Kabupaten Prubalingga, Kabupaten Banjar, Kabupaten Badung, Kota Tasikmalaya dan Provinsi Kalimantan Utara.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala LAN DR Adi Suryata didampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur di Gedung LAN, Jalan Veteran Jakarta Pusat.

Adi Suryata dalam sambutannya mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada perorangan, lembaga serta sejumlah daerah merupakan sebuah penghargaan karena dinilai sebagai daerah yang berkomitmen dalam pengelolaan inovasi administrasi negara. “Jadi penghargaan ini diberikan agar ada peningkatan yang lebih baik lagi dalam penataan administrasi maupun birokrasi. Dan dalam HUT LAN ke 60 tahun ini, kita ingin agar kedepan dapat melahirkan ASN yang lebih baik dan mampu berinovasi dalam pengelolaan adiministrasi,” tegasnya.

Menurutnya, setiap ASN perlu diperkuat kedisiplinan dan memiliki karakter sebagai pelayanan masyarakat. Kemudian seluruh ASN harus bisa bahu membahu serta bekerja keras untuk meningkatkan terobosan dan inovasi baru untuk menyelesaikan masalah birokrasi. “Kita ingin agar pendidikan benar-benar merupakan pondasi atau dasar bagi ASN. Undang-undang ASN mengamanatkan setiap ASN memiliki 3 kompetensi yaitu manajerial yang ditopang dengan diklat kepemimpinan, kemudian diklat teknis yang ditopang dengan diklat teknis dan fungsional serta diklat sosialkultural dalam rangka mengisi kompetensi yang harus dimiliki dalam kemampuan sosial karakter dasar dan sebagainya,” terang Suryata.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, penghargaan Inagara yang diberikan LAN kepada Kota Ambon karena dianggap berprestasi dalam upaya mendata, mengelola dan memperbaiki administrasi negara di Indonesia. “Tadi (kemarin) ada beberapa menteri juga yang dapat penghargaan, kemudian beberapa lembaga juga turut mendapat penghargaan Inagara. Termasuk 12 daerah yang didalamnya ada Kota Ambon karena dianggap berprestasi sehingga diapresiasi dari LAN dalam penataan pengambangan sistim administrasi. Satu-satunya yang mewakili 11 kabupaten/kota di Maluku adalah Kota Ambon,” terang Louhenapessy.

Ketua DPD II Golkar Kota Ambon ini menilai, di era ini banyak perubahan yang terjadi. Sehingga tidak mungkin hanya tetap berpegang terhadap pola konfusional, pola liner dan pola rutinitas. Tetapi perlu melangkan untuk melahirkan inovasi. Ini sebagai prasyarat, bagi setiap daerah dalam mengejar atau menyesuaikan diri dengan perubahan sosial. “Kota Ambon tercatat sebagai salah satu kota, karena dari target kurang lebih 90 inovasi pertahun, Kota Ambon bisa mencapai angka 101 langkah inovasi yang dilaksanakan. Maka ini harus terus dikejar pengalaman kinerja kita yang sifatnya rutin dengan perubahan. Dan saya sadar bahwa masih banyak kekurangan dan kelemahan pada pemerintah kota. Paling tidak dengan penghargaan ini akan memacu kita untuk terus memperbaiki. Dan saya optimis Kota Ambon akan menjadi kota yang inovatif,” pungkasnya.

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Pemkot Ambon, Fredy Tasso menambahkan, penghargaan Inagara yang diberikan LAN sangat diapresiasi karena turut berkomitmen mendukung laboratorium inovasi. “Penghargaan Inagara yang telah diserahkan ini tentu bertepatan dengan HUT LAN ke 60. Dan tadi pak walikota sudah menerima langsung penghargaan tersebut. Ini merupakan apresiasi LAN atas keberhasilan kepala daerah dalam mengelola laboratorium inovasi serta terus berinovasi dalam pengembangan dan pelayanan publik,” tuturnya. Menurutnya, komitmen yang diwujudkan Pemkot Ambon tidak hanya sebatas janji. Tetapi diwujudkan melalui tindakan nyata.

Ada rencana aksi yang akan diimplementasikan melalui gelar inovasi Kota Ambon saat HUT Kota Ambon 7 September 2017. “LAN menilai Kota Ambon berkembang sangat pesat dan itu sudah ditunjukan dengan peluncuran 101 inovasi pelayanan publik. Organisasi perangkat daerah di kita hanya 60, tetapi inovasi yang tercipta sebanyak 101. Tentu hal ini tidak terlepas dari kemauan pimpinan dan jajaran untuk mengikuti perubahan dinamika strategis tersebut,” pungkasnya.
(ISL)

Click to comment

Most Popular

To Top