Bupati Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Transparan – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Bupati Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Transparan

AMEKS ONLINE–Bupati Buru Ramly Umasugi mengingatkan kepada seluruh kepala desa agar dapat menggunakan Dana Desa secara transparan dan sesuai peruntukannya. Dengan begitu masyarakat bisa merasakan manfaat dari dana desa tersebut.

Penegasan ini diungkapkan Bupati saat membuka Rapat Kerja (Raker) Desa, perangkat Desa dan BPD se-Kecamatan Air Buaya yang berlangsung di Kantor Kecamatan Air Buaya, Selasa kemarin, (8/8).
Dalam kegiatan tersebut Bupati turut didampingi Sekertaris Daerah Kabupaten Buru Ahmad Assagaf dan sejumlah kepala SKPD Kabupaten Buru. Sementara peserta kegiatan selain dihadiri camat Air Buaya juga diikuti seluruh kepala desa se-Kecamatan Air Buaya.

Dalam arahannya, Bupati mengatakan, seluruh kepala desa harus menyiapkan rancangan pembangunan desa dalam laporan untuk anggaran dana desa tahun 2018.
Bupati, lanjutnya, berkewajiban mengetahui penggunaan dana desa untuk apa saja. Karena Bupati akan menyaksikan pemaparan seluruh kepala desa terkait rancangan pembangunan desa yang menggunakan dana desa. Dan diharapkan seluruh kepala desa dapat menyiapkan seluruh rancangan pembangunan mereka.
“Saya akan hadir dalam seluruh Raker untuk melihat rancangan Dana Desa agar singkron dengan mindset serta punya target dan sasaran sesuai dengan kearifan lokal masyarakat kita. Pemanfaatannya juga harus maksimal dan transparan,” ucapnya.

Bupati mengatakan, ditahun 2018 nanti, semua desa di Kabupaten Buru tidak ada lagi yang tidak siap dan mengalami keterlambatan dalam penyusunan APBDes. “Harus dibuat perencanaan dari sekarang, penyusunan RKPDes tahun 2018 sudah harus selesai Oktober 2017,” ujarnya.
Sedangkan, lanjutnya, semua pekerjaan Dana Desa tahun 2017 sudah harus selesai di bulan Desember 2017. “Jika ada kendala segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan pendamping desa supaya minta bantu fasilitasi untuk dipersiapkan lebih baik lagi sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tandas Bupati. (DHE)

Most Popular

To Top