Sagu Makanan Khas Maluku Yang Mulai Terlupakan – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Sagu Makanan Khas Maluku Yang Mulai Terlupakan

AMEKS ONLINE–Sagu merupakan salah satu makanan tradisional khas Maluku, meskipun banyak tanaman sagu yang tumbuh pada beberapa daerah di Indonesia, diantaranya, Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.
Di Maluku sendiri sagu merupakan makanan pokok masyarakat. Namun saat ini, sagu mulai dilupakan akibat perkembangan zaman. Masyarakat mulai beralih menjadikan beras sebagai makanan pokok, meskipun sagu merupakan tanaman penghasil karbohidrat tertinggi dibandingkan dengan tanaman budidaya penghasil karbohidrat lainnya.

Sagu di Maluku tumbuh secara alami. Sehingga banyak pohon sagu dibiarkan mati tanpa diambil hasilnya, padahal sagu dapat diolah menjadi berbagai jenis panganan, diantaranya, papeda, bubur sagu, kue sagu, sagu mutiara, dan sagu tumbuh.
Saat ini hanya sebagian kecil masyarakat yang mengelola sagu untuk makanan pokok maupun makanan ringan yang dapat dijual di pasaran, sehingga tidak dilupakan oleh masyarakat Maluku. Salah satu, Oma Mima.

Oma Mima merupakan pedagang sagu asal Pulau Saparua. Dia mengaku, telah menjajakan sagu sejak 10 tahun lalu.
Saat itu, katanya, sagu masih sering dibeli masyarakat untuk dikonsumsi sebagai makanan pokok. Namun saat ini, sagu tidak lagi dijadikan sebagai makanan pokok, melainkan dijadikan sebagai kue sagu, sagu tumbu dan berbagai jenis makanan ringan lain.
“Saat ini, kita buatkan berbagai jenis makanan dari sagu agar memiliki nilai jual. Karena saat ini, sagu kurang diminati,” terangnya. (PRO2)

Click to comment

Most Popular

To Top