seberapa tajam lukaku di MU ? – Ambon Ekspres
Olahraga

seberapa tajam lukaku di MU ?

AMEKS ONLINE–Perburuan striker Manchester United berakhir pada sosok Romelu Lukaku. Lantas, bisa setajam apa penyerang asal Belgia itu saat berseragam Setan Merah?
Satu pos striker MU lowong setelah Zlatan Ibrahimovic dilepas karena mengalami cedera lutut parah. Kontrak pemain asal Swedia itu habis pada bulan Juni lalu, dan tak diperpanjang.

Pada awalnya, The Red Devils dikabarkan mendekati pemain Real Madrid, Alvaro Morata. Tapi berkat peran ‘agen’ Paul Pogba, Lukaku yang berhasil didapatkan. Sementara itu, Morata bergabung dengan Chelsea.
Lukaku ditebus MU dari Everton dengan harga 75 juta pound sterling. Dia menjadi penjualan termahal Everton di sepanjang sejarah berdirinya The Toffees.
Lukaku memang menunjukkan penampilan yang tajam di Liga Inggris musim lalu. Dia menyumbangkan sebanyak 25 gol untuk tim asuhan Ronald Koeman itu. Lukaku menempati posisi kedua daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris, catatan itu 10 gol lebih banyak dibandingkan torehan gol Ibrahimovic di Liga Inggris.
Akurasi tembakan Lukaku cukup tinggi, Squawka mencatat bahwa pemain 24 tahun itu mempunyai 64 persen shot accuracy. Saat melakukan duel, Lukaku juga mempunyai catatan yang cukup oke, dengan memenangi 46 persen di antaranya.

Selama berkarier di Liga Inggris, Lukaku sudah melakoni sebanyak 186 pertandingan. Dia mampu mencetak 85 gol alias rata-rata 0,46 gol di setiap pertandingan.
Kekuatan kaki kiri menjadi andalan Lukaku dalam membobol gawang lawan dengan 42 gol yang sudah dibuat di Premier League. Sementara dengan kaki kanan, pemain yang pernah memperkuat West Bromwich Albion itu mencatatkan 24 gol.
Dengan tinggi badannya yang mencapai 1,9 meter, kepala Lukaku juga berbahaya. Dia sudah membukukan 18 gol dengan sundulannya. Enam gol lain dibukukan via tendangan penalti. Kelemahan Lukaku adalah eksekusi tendangan bebas, dengan hanya mencetak satu gol dari freekick.

Rata-rata gol Lukaku dalam setiap pertandingan bahkan lebih bagus dibandingkan top skorer sepanjang masa MU, Wayne Rooney, dan striker MU asal Bulgaria, Dimitar Berbatov. Wazza mempunyai rata-rata 0,43 gol di setiap pertandingan, sedangkan rata-rata Berbatov di angka 0,41.
Robin van Persie mempunyai rata-rata gol yang lebih bagus dari Lukaku. Catatanya 0,51 gol di setiap pertandingan.
Produktivitas gol Lukaku dengan Everton dalam tiga musim terakhir terus merangkak naik. Sebanyak 10 gol dicetak pada musim 2014/2015, 18 gol di musim 2015/2016, dan tujuh gol lebih banyak dibukukan pada musim 2016/2017.
Dengan dukungan dari pemain-pemain kelas satu di MU seperti Pogba, Henrikh Mkhitaryan, Juan Mata, Marcus Rashford, Anthony Martial, dan Jesse Lingard, berapa gol yang bisa diciptakan Lukaku untuk MU.
Selama tur pramusim MU, Lukaku sudah unjuk ketajaman. Dia sudah mencetak sebanyak tiga gol untuk tim asuhan Jose Mourinho itu. (cas/din)

Most Popular

To Top