Walk On The Wild Side Kapal Pertama Singgahi Kota Ambon – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Walk On The Wild Side Kapal Pertama Singgahi Kota Ambon

AMEKS ONLINE–Walk On The Wild Side yang memiliki 9 awak merupakan kapal pertama yang finih di Pantai Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, dalam lomba Spice Islands Darwin Ambon Yacth Race (DAYR) 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Pemerintah Darwin, Australia.

Walk On The Wild Side finis di Pantai Amahusu pada Selasa (8/8), pukul 09.30 WIT, setelah berlayar selama tiga hari menuju Kota Ambon, setelah dilepas Wakil Wali Kota Ambon, Syariefr Hadler, di Darwin, Sabtu (5/8) lalu.
Kedatangan kapal tersebut disambut meriah oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Wakil Wali Kota Ambon, Syarief Hadler, Sekretaris Kota Ambon, Anthony Gustav Latuheru, serta berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan masyarakat Negeri Amahusu.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, saat menyambut kedatangan kapal tersebut, mengatakan, DAYR merupakan program khusus yang dibangun Kota Darwin dan Kota Ambon, karena antara kedua kota yang berbeda negara tersebut memiliki kesepakatan sister city.
Lanjutnya, ikatan emosional antara masyarakat Kota Ambon dengan Australia telah terjalin sejak lama. Bukan saja karena adanya kerja sama sister city yang dibangun saat ini.
Namun telah ada sejak pendudukan Jepang di Kota Ambon. Saat itu pasukan sekutu telah menyerah. Maka masyarakat Kota Ambon membantu pasukan Australia yang merupakan bagian dari pasukan sekutu untuk kembali ke Australia.

Kedekatan inilah yang menjadi pertimbangan, sehingga pada tahun 1976 dibuat kerjasama antara Ambon dan Darwin sebagai kota bersaudara. Dan salah satu program yang dibuat dariu kerja sama tersebut adalah DAYR.
“Program DAYR yang dilaksanakan setiap tahun, cukup mendapat minat yang luar biasa, terutama paska konflik yang melanda Kota Ambon beberapa tahun lalu. Memang saat konflik, hastrat masyarakat ikut DAYR mulai berkurang, bahkan sampai titik nol. Kemudian lomba ini kembali dibuka dalam bentuk Amboina Yacth Race,” terangnya.
Saat ini, katanya, pelaksanaan DAYR terus bergairah. Di 2017 ini, terdapat 19 kapal layar yang ambil bagian dalam Spice Islands DAYR.

Untuk itu, dia berharap, gairah masyarakat untuk mengikuti lomba kapal layar antar dua kota berbeda negara tersebut dapat berdampak positif terhadap perkembangan pariwisata di Kota Ambon.
“Saya berharap sungguh, program Spice Islands DAYR dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pariwisata di Ambon,” ujarnya.
Karena sekarang, Kota Ambon telah mengalami perubahan positif dari sisi keamanan. Kota Ambon sudah sangat kondusif untuk event nasional maupun international.
Bahkan Pemkot Ambon, ungkapnya, telah menargetkan kalau 2020 mendatang Kota Ambon akan menjadi destinasi wisata. “Saya mau katakan kepada seluruh masayarakat nasional, regoional bahkan internasional, bahwa Kota Ambon sudah sangat kondusif untuk event nasional maupun international,” pungkasnya.(PRO2)

Most Popular

To Top