Polres Bursel Segera Dibentuk – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Polres Bursel Segera Dibentuk

penyAMBUTAN: Penyematan kain Evutin yang dilakukan tokoh adat kepada Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Buru Selatan, Jumat (11/8).

AMEKS ONLINE, NAMROLE.––Kapolda Maluku Irjen Pol Deden Juhara memastikan, tahun 2019 mendatang pembangunan Polres Buru Selatan (Bursel) dilakukan. Penegasan ini disampaikan Kapolda disela-sela kunjungan kerja di kabupaten dengan julukan Lolik-Lalen Fedak Fena itu, Jumat (11/8) kemarin.
“Jadi kalau di Maluku itu ada 11 kabupaten/kota. Untuk polres baru 9 kabupaten/kota. Yang belum dua kabupaten yakni Buru Selatan dan Maluku Tenggara. Selama ini Polres Maluku Tenggara ada di Kota Tual. Mudah-mudahan ada bantuan lahan dari pa bupati. Kedepan kalau tidak ada halangan tahun 2018 atau paling lambat 2019 akan dianggarkan untuk pembangunan Polres Bursel,” janji dia.

Perwira tinggi dengan dua bintang di pundak ini mengaku, bila Polres Bursel dibentuk, otomatis membutuhkan personil yang cukup banyak. ”Saya kemarin bertemu Menteri BUMN Rini Sumarno. Beliau juga telah menyampaikan hal itu. Pak kapolda tolong untuk daerah-daerah perbatasan dibentuk Polres. Apalagi di daerah-daerah perbatasan, dengan pereknomian yang berkembang harus ada penambahan personil,” ungkap dia meniru ucapan Menteri BUMN .

Bukan hanya itu, lanjut dia, saat kunjungan komisi III DPR RI ke Kota Ambon beberapa hari lalu, hal ini juga telah disampikan. Termasuk dengan badan anggarannya juga telah disampaikan. “Intinya itu tadi kami minta dua polres tambahan di dua kabupaten. Selain itu juga akan diperkuat perairan-perairan yang ada di Maluku termasuk di dua kabupaten ini. Insya Allah ada penambahan. Luar biasa kemarin Komisi III DPR RI berada di Ambon, dan kita telah menyampaikan hal itu, dan telah mendapatkan respons positif,” sebutnya.

Terkait dengan kunjungan kerja yang dilakukan di Namrole, Kabupaten Bursel, Deden mengaku hal itu untuk melihat dari dekat kondisi keamanan. Termasuk juga potensi-potensi di Kabupaten Bursel yang harus diamankan. ‘’Kehadiran Polri untuk menjalin hubungan yang baik, sehingga memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Itu tujuan utama dari kunjungan yang saya lakukan hari ini. Kehadiran saya juga untuk perkuatan pasukan kan seperti itu. Mungkin tahun depan ada penambahan anggota yang sekarang surat keputusannya sementara disiapkan.

Intinya saya datang kesini untuk membantu pemerintah daerah terutama dalam hal pembangunan. Kalau pembangunannya bagus, aman, pasti investornya akan datang. Karena potensi alamnya sangat luar biasa,” jelasnya .

Disinggung soal informasi adanya pergerakan organisasi terlarang (ISIS) di wilayah Kabupaten Bursel, dirinya mengaku sangat membutuhkan bantuan masyarakat. Jika ada pendatang baru yang tidak dikenal, masyarakat harus segera melaporkan kepada aparat keamanan baik itu TNI maupun Polri. ‘’Itu yang kami minta kepada masyarakat. Termasuk juga kami minta kepada bupati, agar bisa mensosialisasikan itu kepada masyarakat. Kalau ada pendatang baru termasuk masyarakat yang sudah lama pergi dan kembali kesini, itu juga harus diketahui maksud dan tujuannya seperti apa. Saya yakin di Bursel ini masih aman. Kalau ada sinergi antara masyarakat, bersama polisi dan TNI termasuk forum komunikasi pimpinan daerah ini yang kita harapkan, kedenpan Insya Allah Bursel akan lebih maju lagi,’’ tandas dia.

Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa mengaku bangga atas kunjungan orang nomor satu dijajaran kepolisian Maluku itu. Dia berharap, kunjungan tersebut manfaat bagi masyarakat Bursel. Salah satunya dengan mempercepat pembentukan Polres Bursel.
(ESI)

Click to comment

Most Popular

To Top