Diam-diam Iran Bangun Pabrik Rudal di Suriah, Ini Buktinya. – Ambon Ekspres
Ragam

Diam-diam Iran Bangun Pabrik Rudal di Suriah, Ini Buktinya.

Lokasi atau situs yang diduga merupakan pabrik rudal milik Iran di Suriah, yang kini sedang dalam pembangunannya. Situs itu terletak di Baniyas, dekat Latakia. (Foto: Google Maps/Times Of Israel)

AMEKS ONLINE, DAMASKUS. – Iran secara diam-diam sudah membangun sebuah pabrik misil atau peluru kendali (rudal) jarak jauh di Suriah,

Kuat dugaan pabrik misil itu dipergunakan untuk menyerang Israel.

Informasi itu disampaikan televisi Israel dengan merujuk foto-foto dari perusahaan citra satelit Israel, yakni ImageSat, sepeeti dikutip Times of Israel, Selasa (15/8).

Gambar satelit memperlihatkan lokasi pabrik penyimpakan rudal Scud bawah tanah sedang dibangun di dekat kota kecil Baniyas, selatan Latakia.

Iran bangun pabrik rudal di Suriah

Lokasi atau situs yang diduga merupakan pabrik rudal milik Iran di Suriah, yang kini sedang dalam pembangunannya. Situs itu terletak di Baniyas, dekat Latakia.(Google Maps/Times of Israel)

Para ahli mengatakan kepada Channel 2, bangunan tersebut sesuai dengan metode bangunan yang terlihat di Iran.

Ini pertanda adanya kerjasama antara Damaskus dan Teheran, salah satu pendukung utama Presiden Assad.

Laporan tersebut mengatakan, pembangunan di lokasi pabrik tersebut dimulai tahun lalu dan diperkirakan akan selesai pada akhir 2017.

Sebuah situs di dekat kota utara Banias di Suriah dimana Iran dilaporkan membangun pabrik rudal. (Foto: Google Maps/Times of Israel))

Selain di Suriah, Iran juga dilaporkan membangun pabrik senjata bawah tanah untuk kelompok teror Hezbollah di Lebanon.

Hal itu semakin memperkuat dugaan bahwa Iran ingin terus menancapkan pengaruhnya di kawasan Timur Tengah, seperti Israel dan Arab Saudi.

(mia/pojoksatu)

Most Popular

To Top