Hinca : Demokrat Utamakan Kader – Ambon Ekspres
Politik

Hinca : Demokrat Utamakan Kader

AMEKS ONLINE, AMBON.––Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat mengutamakan kadernya untuk maju sebagai bakal calon Gubernur dan wakil Gubernur Maluku. Salah satu kader, yang diperintahkan untuk bekerja lebih banyak ke masyarakat, guna meningkatkan elektabilitasnya adalah Michael Watimena.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Demokrat Hinca IP Pandjaitan mengatakan, Partai Demokrat didirikan untuk membesarkan kadernya, sehingga tidak mungkin Demokrat membesarkan orang lain. Olehnya itu, DPP akan mencari kader terbaik untuk diusungkan sebagai bakal calon gubernur maupun wakil gubernur. Namun, jika tidak ada, maka Demokrat akan terbuka kepada figur lain yang sudah berproses.

Namun, sejauh ini kata dia, ada salah satu kader Demokrat, yakni Michael Watimena yang merupakan ketua Dapertemen Kordinator Kemaritiman, yang dianggap sudah teruji. Dia berharap dengan kepengurusan DPD yang baru dilantik, bisa memenangkan setiap pertarungan politik di Maluku. “Untuk kader Demokrat Bung Michael Watimena (BMW) tetap kita dorong, untuk kerja politiknya yang lebih baik kedepan. Agar elektabilitsnya meningkat di masyarakat. Karena bagi demokrat tetap utamakan kader, dan siapapun yang diusung harus menang. Kalau mau menang maka, elektabilitasnya harus tingi, sampai ke tingkat bawah,” ujar Pandjaitan kepada wartawan usai pelantikan pengurus DPD Golkar Maluku periode 2017-2022 di Gedung Siwalima, Selasa (15/8) .

Dia mengatakan, untuk memastikan majunya Michael, akan dilihat pada hasil survey, apakah yang bersangkutan dianggap layak atau tidak. Karena komitmen Demokrat siapapun yang diusung harus menang, karena disenangi oleh masyarakat. “ Untuk kepastiannya kita akan lihat pada hasil survei. Kalau beliau diinginkan oleh masyarakat untuk maju, kita tetap dorong, apalagi ini kader sendiri,” katanya.
Tahapan menuju pilgub, kata dia, masih di tahun 2018. Namun untuk prosesnya sudah dilakukan dari saat ini. Untuk itu, komunikasi perlu dilakukan dengan para pimpinan partai, terutama para bakal calon.

Dia mengingatkan bakal calon yang mendaftar di Demokrat Maluku, tidak datang dengan membawa badan kosong, tetapi minimal ada penjelasan selain Demokrat, partai apa yang akan mengusungnya. Ini penting karena Demokrat tidak bisa mengusung satu pasangan calon, harus butuh koalisi dengan partai lain. “Selaku Sekjen DPP Demokrat, saya berharap bakal calon yang mendaftar harus datang dengan tidak membawa badan sendiri, tetapi dia juga harus menjelaskan dan meyakinkan, partai apa yang akan dia dapatkan. Tentu ini memberikan peluang kepadanya. Karena secara realita partai politik di Maluku, belum bisa mengusung bakal calon sendiri, harus berkoalisi. Apalagi kita baru miliki enam kursi. Olehnya itu, komunikasi antara petinggi partai dengan para bakal calon perlu dilakukan,” katanya.

Sementara Melkias Frans, salah satu bakal calon wakil gubernur dari Partai Demokrat yang dikonfirmasi mengatakan, apapun yang diputuskan oleh DPP sebagai kader tetap mengikutinya, terutama dalam mendorong Michael Watimena sebagai bakal calon Gubernur Maluku. Namun bagi dia, dorongan tersebut harus melalui prosedur yang telah ditetapkan oleh partai. Salah satunya dengan mengikuti proses pendaftaran sebagai bakal calon gubernur maupun wakil gubernur.

Menurut dia, selama pendaftaran dibuka, Watimena tidak hadir untuk mendaftar. Olehnya itu, jika DPP kembali mengiginkan untuk membuka pendaftaran ulang, dia mempersilahkan. “Saya sejak awal sudah menginginkan Bung Michael Watimena (BMW) maju sebagai bakal calon gubernur, karena kita punya enam kursi di DPRD. Makannya harus ada kader yang maju. Hanya saja beliau tidak mendaftar baik di Demokrat, maupun partai lain. Tetapi kalau saya pribadi sangat mendukung itu, tetapi bagaimana dengan bakal calon gubernur lain yang sudah mendaftar,” pungkasnya.(WHB)

Most Popular

To Top