Lihat Nih, Ada Pisang Berbuah Ribuan dalam Satu Tandan – Ambon Ekspres
Ragam

Lihat Nih, Ada Pisang Berbuah Ribuan dalam Satu Tandan

Salah seorang warga melihat keunikan pohon pisang di halaman rumah Wartono. FOTO RIMA/RADAR LAMPUNG/JPG

AMEKS ONLINE, LAMPUNG.– TUMBUHNYA pohon pisang berbuah ribuan dalam satu tandan bukan hal yang gampang untuk ditemukan.

Di Bandarlampung, pisang ini gampang dijumpai. Tepatnya di kediaman Wartono (38) yang terletak di Jl. Cendana Gang Cendana Ujung RT II/Lingkungan 2, Tanjungsenang.

Gara-gara pisang uniknya itu, warga yang melintas tergerak untuk mampir dan menyaksikan langsung.

Pandangan mereka bakal mengarah ke sebuah pohon pisang yang berada di sudut kiri halaman. Ya, halaman rumah yang dipenuhi berbagai pepohonan ini memiliki satu pohon pisang yang terbilang unik. Terlihat dalam satu tandan memiliki jumlah pisang yang tak wajar. Jika dihitung mencapai 1.780 buah.

Sebenarnya penampakan pohon pisang ini tak berbeda dengan pada umumnya. Dengan tinggi sekitar dua setengah meter. Namun, banyaknya buah pisang yang menempel dalam satu tandan tentu membuat pohon tersebut menjadi berbeda dibanding pohon pisang pada umumnya.

Akibat banyaknya jumlah pisang, sang pemilik bahkan sampai harus menopangnya menggunakan satu batang bambu. Terkadang, bila tak sengaja bambu penyengga terlepas, tandan pisang bisa menyentuh hingga tanah.

Kini, pohon pisang itu pun menjadi viral di lingkungan rumah Wartono. Suami dari Sariah (35), itu sampai kelimpungan menjawab setiap dari warga sekitar yang berkunjung menanyakan cerita di balik pohon pisang itu.

Kemarin, saat Radar berkunjung ke rumah tersebut, giliran Sariah yang meladeni rasa penasaran yang tak terbendung. Sariah menjelaskan, selama satu tahun merawat pohon tersebut, yang muncul cenderung hanya sebatas tunas baru.

Sang suami yang memang senang bercocok tanam mendapat bibit dari salah satu kerabat di Kalianda, Lampung Selatan. Memang, kala itu sang kerabat sempat menginformasikan bahwa pisang tersebut bernama pisang seribu. Namun, dirinya tak mengira akan berbuah sangat banyak dengan tandan yang sangat panjang.

’’Sebulan yang lalu baru sadar kalau sudah mulai keluar jantung pisangnya. Dan ternyata jantung pisangnya terus bertambah panjang. Padahal nggak dikasih apa-apa, sesekali saja kalau ada kotoran kambing dijadiin untuk pupuk,” ujar Sari.

Di halaman rumah itu juga ada 27 pohon pisang, dua pohon sukun, satu pohon mangga, dan satu pohon jambu mete. Dari semua tanaman itu tak ada yang menunjukkan hal aneh.

’’Karena ini baru pertama kali, mulai dari teman-teman anak saya, hingga tetangga yang lewat dan melihat langsung berfoto. Katanya mau di-upload,” lanjut wanita yang kala itu mengenakan hijab cokelat.

Sariah mengaku tak segan memberi bibit atau berbagi buah pisang tersebut untuk turut dibudidayakan. ’’Jadi kalau ada yang mau buahnya silahkan,” bilangnya.

Warga sekitar tak menganggapnya sebatas keunikan. Melainkan lebih kepada berkah dari sang pencipta. ’’Kalau kami anggapnya ini sebagai berkah untuk warga kita. Apalagi ini mau penyelenggaraan tujuh belasan,” ujar Hobi Harta, sang tetangga yang juga menjabat kepala lingkungan.

Sementara, menurut Kus Hendarto, salah satu Dosen Fakultas Pertanian Universitas Lampung, pohon pisang tersebut memang merupakan jenis pisang khusus. Mengenai buahnya, mirip dengan pisang muli.

’’Panjang tandannya, maksimal 150 sentimeter. Masyarakat yang belum mengetahui pasti heran melihatnya. Kalau dinilai dari cita rasa dan bentuk memang mirip sekali dengan pisang muli. Biasanya juga digunakan sebagai pisang hias. Kebanyakan, tidak ditanam di kebun, tapi di pekarangan rumah,” ujar Kus. (rimadani/p2/c1/sur/radarlampung/JPG/nin)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!