Drama Kolosal Meriahkan Peringatan HUT RI – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Drama Kolosal Meriahkan Peringatan HUT RI

AMEKS ONLINE–Pada upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Pattimura, Namlea, Kabupaten Buru berlangsung meriah.

Berbagai pagelaran seni ditampilkan, salah satunya adalah drama kolosal yang menceritakan perjuangan pendahulu bangsa ini dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan.
Pentas drama kolosal dilakukan usai peringatan detik-detik proklamasi dengan melibatkan ratusan pemuda dan pelajar di Kabupaten Buru.

Pada pelaksanaan peringatan HUT RI ke-72 ini, bertindak selaku inspektur upacara Bupati Buru Ramly Umasugi, dan pembaca naskah teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Buru Iksan Tinggapy.
Sedangkan pengibaran bendera merah putih dilakukan putra-putri terbaik dari beberapa sekolah SMA/SMK yang ada di Kabupaten Buru dengan menggunakan formasi 17-8-45. Proses pengibaran bendera berlangsung sukses.
Selesai upacara pengibaran bendera merah putih, Bupati Buru berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada 30 orang pegawai negeri sipil (PNS) Kabupaten Buru yang telah mengabdi selama 10 tahun hingga 20 tahun. Juga beberapa narapidana Lapas Kabupaten Buru mendapatkan remisi.

Selain itu, juga ditampilkan pentas seni tari oleh para siswa siswi Sekolah Sasar (SD) di Namlea.
Di sela-sela kegiatan hiburan itu, Bupati mengatakan, dirinya memiliki harapan besar kedepannya agar semua komponen bangsa saling bersinergi untuk memajukan negeri ini. “Semua anak bangsa memiliki tanggung jawab yang sama untuk membangun sebuah peradaban baru, sebuah tatanan hidup masyarakat yang lebih baik untuk kemudian akan menempatkan posisi Indonesia lebih baik di mata dunia internasional,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Rabu (16/8) sekitar pukul 24.00 WIT dilaksanakan kegiatan renungan suci mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur dalam masa perjuangan kemerdekaan yang dilaksanakan di taman makam pahlawan, Desa Ubung, Kecamatan Lilialy.
Dalam kegiatan apel kehormatan dan renungan suci dipimpin Dandim 1506/Namlea, Letkol Kav Shindu Hanggara dan dihadiri Bupati Buru, Ramli Umasugi, Wakil Bupati buru Amustafa Besan, Sekda Buru, Ahmad Assagaf, Kapolres Pulau Buru, AKBP Leo Simatupang, Wakapolres Pulau Buru Kompol Irvan Reza, Ketua DPRD Kabupaten Buru, Iksan Tinggapi, Danki Kompi 3 Den A Brimobda Maluku, AKP M Saleh, dan seluruh kepala SKPD Kabupaten Buru, unsur TNI dan Polri, serta sejumlah pelajar. (DHE)

Most Popular

To Top