Sinergi BUMN, Gelar Upacara HUT RI Ke-72 – Ambon Ekspres
Ekonomi

Sinergi BUMN, Gelar Upacara HUT RI Ke-72

AMEKS ONLINE–Sebagai salah satu entitas bisnis, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempunyai peran yang besar sebagai agen pembangunan di Indonesia. Selain berperan sebagai sumber penerimaan negara, BUMN juga turut menyelenggarakan kemanfaatan umum yang bermutu dan memadai bagi hajat hidup orang banyak.

“Salah satunya adalah menjalankan program strategis pemerintah dalam pemerataan daerah terpencil, terdepan dan terluar (3T),” ungkap Direktur Utama PT Taspen (Persero), Iqbal Latanro, usai memimpin upacara Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 tahun di Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (17/8).

Dikatakan, dalam rangka Hari Kemerdekaan RI ke-72 dan upaya mewujudkan pemerataan tersebut, PT Taspen sebagai PIC dan PT Perindo sebagai co-PIC mendukung penyelenggaraan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri. Antara lain melalui proram Siswa Mengenal Nusantara, pemberian bantuan bedah rumah veteran sebanyak 49 rumah bekerjasama dengan Kodam XVI/Pattimura dan Jalan sehat sepanjang 5 kilometer di kawasan Patung Tugu Laimena, Kota Ambon. “Selain itu kami berpartisipasi dalam mewujudkan komitmen bersama Kementerian BUMN dan 9 BUMN lainnya dalam acara pengibaran 1.000 bendera merah putih di sekililing kawasan Pulau Liran,

Kecamatan Wetar, Kabupaten Maluku Barat Daya, serta penyerahan bantuan Rp 300 juta untuk program renovasi perumahan guru di Pulau Lirang dan Pulau Moa. Berbagai kegiatan maupun bantuan yang diberikan adalah upaya memupuk nasionalisme pada masyarakat dan juga menodorong pembangunan, kemajuan dan perkembangan kawasan 3T di Provinsi Maluku,” paparnya.

Deputi Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN, Hambra menambahkan, perayaan HUT Kemerdekaan kali ini memang sangat berbeda. Dimana Kementerian BUMN memang mengambil kebijakan untuk seluruh direksi BUMN bisa lebih mendekatkan diri ke masyarakat. “Caranya adalah mengelar upacara di luar ibu kota provinsi. Dengan begitu berbagai program dan bantuan dari BUMN bisa tersalurkan secara merata,” ujarnya.

Hambra mengungkapkan, BUMN ingin lebih dikenal jauh oleh masyarakat, sehingga berbagai program yang dilakukan memang dilakukan dan difokuskan bagi masyarakat yang masih jauh dari ibu kota. “Ini juga merupakan bentuk kepedulian negara dan terpenting, kami berharap BUMN yang ada didaerah ini bisa membuat kajian-kajian untuk pembangunan di Maluku,” harap Hambra. (IWU)

Most Popular

To Top