PKB Tetapkan 9 Cagub, 4 Cawagub – Ambon Ekspres
Politik

PKB Tetapkan 9 Cagub, 4 Cawagub

Ilustrasi Pilkada Langsung/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.––Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku resmi menetapkan 9 bakal calon gubernur dan 4 bakal calon wakil gubernur Maluku periode 2018-2023 yang lolos administrasi. Mereka juga diwajibkan mengikuti seluruh tahapan yang telah ditetapkan Desk Pilkada DPW PKB Maluku.

Penetapan balon gubernur dan wakil gubernur Maluku melalui rapat Pleno Desk Pilkada PKB Maluku yang dipimpin ketua Desk Pilkada Maluku, Malaka Yaluhun dan dihadiri empat anggota desk pilkada Maluku yakni M Sedek Karepesina, Asi Ode, Susi Sanaky dan Ayu Ning Thias pada Kamis (17/8). Diperkuat dengan surat keputusaan tentang penetapan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Maluku periode 2018-2023 nomor 038/Desk-Pilkada/A.1/VIII/2017.

Sembilan bakal calon gubernur tersebut yakni, Tagop Sudarsono Soulisa (Bupati Kabupaten Buru Selatan), Dipl. Oekonom Engelina Helena Pattiasina (anggota DPR RI periode 1999-2014), Herman A. Koedoeboen (Inspektur IV Janwas Kejagung RI), Barnabas Orno (Bupati MBD), Said Assagaf (Gubernur Petahana), Murad Ismail (Kakor Brimob Polri), Bitzael Silvester Temmar (Bupati MTB periode 2007-2017), Johozua Markus Yoltuwu (Dirjen PDTu dan Plt Dirjen PDT Kemeterian Desa dan Daerah Tertinggal) dan Komarudin Watubun (anggota DPR RI).

Sedangkan 4 bakal calon wakil gubernur yakni Abdullah Vanath (Bupati SBT periode 2005-2015), Anderias Rentanubun (Bupati Malra), Mozes Rudy F Timisela (anggota DPRD/Ketua DPD Golkar Provinsi Papua) dan Habiba Pellu (anggota DPRD Provinsi Maluku).

Ketua DPW PKB Maluku, Basri Damis memberikan apresiasi kepada bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku yang telah mendaftar di PKB dan ia berharap agar para bakal calon tersebut mengikuti seluruh tahapan-tahapan yang telah ditetapkan oleh Desk Pilkada DWP PKB Maluku. “Saya mengapresiasi seluruh balon gubernur-wakil gubernur Maluku yang telah mendaftar di PKB Maluku. Saya berharap agar mereka mengikuti seluruh tahapan yang telah ditetapkan” ujar Basri.

Menurut Basri, seluruh bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh rekomendasi PKB. Asalkan para bakal calon mengikuti seluruh tahapan-tahapan Desk Pilkada.

Selain itu, dia menambahkan, selama ini ada yang mengklaim bahwa telah mendapat rekomendasi itu merupakan kesalahan besar. Menurutnya, hingga saat ini desk pilkada masih lakukan tahapan-tahapan yang diamanahkan sesuai dengan juklak dan instruksi DPP PKB. “Jika ada wacana yang beredar dipublik bahwa PKB telah memberikan rekomendasi kepada bakal calon tertentu, itu tidak benar,” tegas dia.

Malaka Yaluhun, ketua Desk Pilkada PKB Maluku menyatakan bahwa pasca ditetapkanya para bakal calon gubernur dan wakil gubernur tersebut, maka para calon berhak untuk mengikuti seluruh rangkaian tahapan-tahapan selanjutnya. “Para balon gubernur-wakil gubernur yang telah mendaftar dinyatakan yang lolos administrasi. Untuk itu mereka berhak mengikuti tahapan-tahapan selanjutnya,” ucap Malaka.

Malaka yang juga wakil ketua DPW PKB Maluku tersebut menambahkan, masih ada beberapa yang tahapan yang wajib diikuti oleh seluruh kandidat. Tahapan tersebut sebagai indikator untuk memperoleh rekomendasi PKB, yakni uji publik, hasil survei elektabilitas, akseptabilitas dan popularitas calon, pemaparan visi-misi yang diselenggarakan pada forum Musyawarah Pimpinan Wilayah (Muspinwil) yang dihadiri seluruh pimpinan DPC PKB kabupaten/kota se-Maluku, uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang diselenggarakan di DPP PKB serta pertimbangan strategis lainya. “Terkait dengan waktu pelaksanaan pemaparan visi-misi dan fit and proper test, kami akan beritahukan para balon cagub-cawagub melalui surat resmi,” tambahnya.(TAB)

Most Popular

To Top