Kunjungan Sekjen Partai Komunis Vietnam Diprotes – Ambon Ekspres
Internasional

Kunjungan Sekjen Partai Komunis Vietnam Diprotes

AMEKS ONLINE–Sejumlah protes dan penolakan muncul di media sosial terkait kunjungan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Vietnam (PKV) ke Indonesia pekan ini. Beberapa posting menyebutkan bahwa pemerintah telah melanggar undang-undang (UU) dengan menyetujui pertemuan dengan Sekjen PKV tersebut.

Protes tersebut berkaitan dengan UU No.27 Tahun 1999 mengenai perubahan KUHP yang berkaitan dengan Kejahatan Terhadap Keamanan Negara dicantumkan pasal 107 e disebutkan larangan berhubungan dengan organisasi komunisme baik di dalam maupun di luar negeri.

Terkait penolakan tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) Arrmanatha Nasir memberikan klarifikasinya. Menurut Tata, sapaan akrab Arrmanatha, penolakan itu tidak tepat karena kunjungan Sekjen PKV, Nguyen Phu Trong adalah sebuah kunjungan bilateral antar negara.
“Ini merupakan kunjungan resmi. Sekjen PKV adalah pejabat tertinggi di negaranya. Selain itu juga ini adalah hubungan antar negara, kunjungan bilateral antarnegara bukan kunjungan antar organisasi,” jelas Tata dalam Pertemuan dengan media, Senin (21/8/2017).

Dia menambahkan, kunjungan Sekjen PKV bukanlah lawatan pertama yang dilakukan pemimpin Vietnam ke Indonesia. Sebelumnya pada 2011, Indonesia menerima kunjungan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung dan pada 2013 saat Presiden Vietnam, Truong Tan Sang datang ke Jakarta.
Sekjen PKV Nguyen Phu Trong dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dalam kunjung ke Jakarta pada 22 sampai 24 Agustus. Selain bertemu Presiden, Sekjen Nguyen Phu Truong juga akan bertemu dengan pimpinan MPR, DPR dan DPD RI serta berbicara dalam beberapa forum bisnis dan akademis. (NET)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!