Pembinaan Atlet PPLPaluku Tak Jelas Arahnya – Ambon Ekspres
Olahraga

Pembinaan Atlet PPLPaluku Tak Jelas Arahnya

Nanlohy : Habiskan Anggaran Tapi Tak Ada Prestasi

AMEKS ONLINE, AMBON.–Menurut dia, keberadaan program Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Maluku sebagai kepanjangan dari pembinaan atlet agar berprestasi di masing-masing cabang olahraga (cabor), menjadi salah satu solusi yang terbukti efektif. Berbagai daerah sudah menggunakan program tersebut untuk menggenjot kemampuan atlet agar berkualitas dan berprestasi di tingkat regional, nasional bahkan internasional. Sayang, hingga detik ini, tak ada prestasi PPLP Maluku (khusus sepakbola) yang membuat bangga daerah ini.’’ Kalau untuk cabor yang lain, semisal dayung, prestasi cukup bagus. Namun, untuk sepakbola, tidak ada prestasi sama sekali. Bahkan jeblok dari tahun ke tahun. Ini menandakan bahwa program pembinaannya tidak jelas arahnya,’’ jelas Nanlohy.

Dijelaskan, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, tim sepakbola PPLP selalu mendapat hasil negatif saat bertarung di event nasional. Ini memperlihatkan bahwa ada masalah besar dalam proses pembinaan atlet pelajar.’’ Ada banyak faktor sehingga tim itu selalu kalah, diantaranya hubungan tim pelatih sudah tidak harmonis, pelatihnya kurang berpengalaman, kemudian penerapan pola latihan sangat jauh dari yang diharapkan. Jadi, bisa dibilang program pembinaannya tak jelas sasarannya,’’ ungkapnya.

Harusnya, kata Nanlohy, program yang diterapkan oleh pihak Dispora maupun pelatih harus jelas arah atau muaranya. Bukan hanya menghabiskan anggaran, lalu prestasi diabaikan. Itu salah besar.’’ Anggaran yang dikucurkan kepada PPLP Maluku lewat Kemenpora, itu tidak sedikit. Jadi, gunakan anggaran sesuai peruntukannya. Jangan habiskan anggaran tapi prestasinya tidak ada. Ini yang kami sesalkan,’’ ulasnya.

Bukan itu saja, lanjut Nanlohy, program uji coba juga sangat minim. Bahkan tidak ada.’’ Tim sepakbola jarang melakukan uji coba dengan tim di daerah ini. Apalagi, uji coba ke luar Maluku, itu juga tak ada. Padahal, anggaran untuk program itu ada. Ini yang sangat kami sayangkan,’’ beber dia,’’ Kalau ada uji coba, itu pun satu atau dua kali saja. Minimal, uji coba dengan tim lokal sebulan tiga kali. Sedangkan untuk ke luar luar daerah satu tahun dua kali. Tapi, hal ini tidak dilakukan secara baik,’’ sambung dia.

Dengan prestasi PPLP yang semakin jeblok, kata dia, maka sudah saatnya merevitalisasi lagi tim pelatih PPLP, pemain, termasuk orang-orang tertentu di Dispora Maluku yang tidak mampu dalam mengelola program pembinaan atlet pelajar.’’ Bila ingin prestasi, maka harus diimbangi dengan perhatian serta pembinaan yang maksimal dan lebih penting adalah merombak tim pelatih, pemain, termasuk mengganti orang-orang tertentu yang ada bidang olahraga Dispora Maluku,’’ tutup dia.

Sementara itu, Fahrul, pemerhati olahraga Maluku menilai, pihak Dispora kurang maksimal dalam melakukan pembinaan terhadap atlet pelajar.’’ Saya miris melihat pola pembinaan atlet di PPLP Maluku. Jadi, sebelum berbicara di tingkat nasional untuk menjemput prestasi. Harus dilihat bagaimana kondisi program pembinaan atlet,’’ tutur dia.

Untuk itu, Fahrul meminta kepada Dispora Maluku agar betul-betul serius merevitalisasi tim sepakbola PPLP, agar pengembangan para atlet bisa berjalan maksimal.’’ Kami ingin PPLP menjadi sentra yang bisa mencetak atlet berkelas nasional di berbagai cabor, termasuk untuk cabang olahraga sepakbola yang sampai detik ini tak punya prestasi apa-apa,’’ tutur dia.

Pada kesempatan itu, Fahrul juga meminta pengambil keputusan di Dispora Maluku bisa melakukan evaluasi secara menyeluruh dan melakukan rotasi orang-orang yang duduk di Bidang Olahraga maupun di seksi olahraga. Sebab di bidang dibutuhkan sosok yang paham dan mengerti olahraga, bukan sebaliknya.’’ Program PPLP menjadi sebuah kebutuhan dalam melakukan pembinaan atlet berjenjang.

Dalam dunia olahraga sekarang, harus mengikuti perkembangan terbaru dan melek teknologi informasi. Program PPLP jadi salah satu solusi pembinaan atlet karena program itu mampu memberi prestasi. Itu artinya, tempatkanlah sosok yang benar-benar mengerti olahraga,’’ demikian Fahrul.(ZAL)

Most Popular

To Top