ASN Dibekali Materi GIS  – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

ASN Dibekali Materi GIS 

AMEKS ONLINE–Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggandeng Balai Diklat Badan Informasi Geospasial Cibinong menggelar Diklat Pendidikan dan Pelatihan Geographic Informasi Sistem (GIS) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemkab Malra.
Pelaksanaan kegiatan GIS ini,berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Maluku Tenggara, Nomor 4 Tahun 2015 tentang Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017 dan SK Bupati Maluku Tenggara tentang Terbentuknya Panitia Penyelengaraan Diklat GIS Kompentensi Tingkat Lanjut bagi ASN di lingkup pemkab Maluku Tenggara.

Kepala Bappeda Maluku Tenggara, M Teslatu kepada Ambon Ekspres usai membuka kegiatan, mengungkapkan, substansi kegiatan ini adalah untuk menunjang proses pembangunan nasional serta menyajikan informasi akurat kepada pempus terkait kebijakan fisik maupun non-fisik pembangunan di Maluku Tenggara. “Jadi, data daerah seperti data tabel maupun data peta, yang semula tidak bermanfaat dapat didayagunakan dengan cara mengaitkan dengan data yang bereferensi geografis untuk kemudian ditumpangsusunkan (overlay) menjadi satu,” ungkapnya saat membuka kegiatan yang berlangsung di aula PAUD AYU Langgur,Selasa (22/8).

Dia menyebutkan, manfaat diklat tersebut, dapat diperoleh informasi baru yang menjadi pedoman untuk pengambilan keputusan pelaporan kebijakan pembangunan fisik maupun non-fisik ke pemerintah pusat.
Olehnya itu, kata dia, apabila masing-masing daerah memiliki data yang tersusun dalam suatu basis data peta, maka Indonesia akan mempunyai GIS nasional yang akan memudahkan pemerintah dalam membuat perencanaan pembangunan secara akurat.
Bahkan informasi baru mengenai potensi sumber daya Alam, keuntungan dan kelemahan kondisi fisiografis akan mudah diakses untuk kepentingan pembangunan. “Kalau ini berhasil kita lakukan, maka sangat muda kita terakses lewat data GIS nasional,” ujarnya.

Dia juga mengaku, melalui kegiatan GIS lanjutan ini adalah sebagai bagian dari peningkatan kompentensi SDM bidang informasi geospasial bagi ASN di Maluku Tenggara. “Bagi para peserta agar apa yang didapat dapat selama pendidikan dan pelatihan GIS agar dikembangkan di SKPD masing-masing. Saya harap peserta GIS sebanyak 42 orang bisa mempraktekan ilmunya di setiap SKPD masing-masing demi terlaksananya pembangunan daerah ini kedepan,” pesannya.(M1)

Click to comment

Most Popular

To Top