Assagaff – Edwin, Golkar Klaim Solid – Ambon Ekspres
Politik

Assagaff – Edwin, Golkar Klaim Solid

AMEKS ONLINE, AMBON.––Bakal calon Gubernur Maluku, Said Assagaff masih sangat berharap berpasangan dengan Edwin Huwae, sembari menanti respons positif PDIP. Di sisi lain, kader Partai Golkar mengklaim, tetap solid jika Assagaff menggandeng Edwin.

Wakil ketua DPD Partai Golkar Maluku, Hairudin Tuaritta mengatakan, Edwin masih punya peluang untuk digandeng Assagaff. Ini karena nama Edwin juga diusulkan melalui Rapat Pimpinan Daerah Khusus (Rapimdasus) akhir Juli lalu. “Nama Edwin ada dalam 4 nama bakal calon wakil gubernur yang direkomendasikan dalam Rapimda Khusus partai Golkar beberapa waktu lalu. Jadi, jika PDIP berkoalisi dengan bersama Golkar, maka Edwin satu-satunya organik PDIP yang di Maluku. Begitupun pak Bip adalah simbol partai Golkar di Maluku,” kata Tuarita.

Selain karena diusulkan dalam rapimda, jelas Tuarita, sosok Edwin cocok disandingkan dengan Assagaff. Kombinasi politisi-birokrat dinilai diinilai sangat ideal untuk membangun Maluku. “Disamping itu, kombinasi ideal, dimana SA adalah birokrat dan Edwin adalah politisi. Dan saya kira wajar didorong sebagai wakil (gubernur) mendampingi pak Bib. Bila Golkar dan PDIP berkoalisi dan sesuatu yang mungkin terjadi pada Pilgub Maluku 2018 nanti, why not,” paparnya.

TETAP SOLID
Dia memastikan, Golkar tetap solid bila Assagaff menggandeng Edwin. “Pasti solid ! Ya, karena faktor Assagaff. Dan partai pengen menang,” tegasnya.
Wakil ketua DPD Partai Golkar Maluku bidang kaderisasi dan keanggotaan, Ridwan Marasabessy mengatakan, Golkar hanya memiliki 6 kursi. Untuk bisa mengusung calon, Golkar harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk memenuhi persyaratan 20 persen (9 kursi).

Olehnya itu, empat bakal calon wakil gubernur yang diusulkan Golkar Maluku ke DPP Golkar, yakni Zeth Sahuburua, Mozes Rudi Timisela, Anderias Rentanubun dan Edwin Adrian Huwae harus mendapatkan rekomendasi parpol. Minimal menambah 3 kursi untuk memenuhi persyaratan 9 kursi. “Kita masih kekurangan 3 kursi, karena cuma 6. Olehnya itu, bagi kami, siapa yang berpasangan dengan pak Bib harus mampu membawa partai untuk memenuhi 9 kursi alias tidak cek kosong. Kalau pak Edwin dengan PDIP punya 7 kursi, lumayan. Atau mungkin pak Ethy, atau pak Andre dan pak Rudi Timisela,” paparnya saat dihubungi Ambon Ekspres, Senin (21/8).
Ridwan tidak mau berapriori soal peluang keempat figur tersebut. Sebab, yang menentukan kepastiannya hanya Assagaff selaku bakal calon gubernur dan DPP Golkar.

Kata dia, memang kader partai Golkar terpecah mendukung masing-masing balon wagub. Namun, dia memastikan Golkar tetap solid ketika Assagaff sudah memutuskan wakil dan DPP mengeluarkan rekomendasi. “Kami cuma alat partai. Jika pilihan jatuh ke pak Edwin, maka kami tak kuasa mengubah karena itu keputusan DPP. Begitu juga jika keputusan ke pak Andre, pak Ethy atau pak Rudi, karena pada prinsipnya kami tetap taat dan solid pada putusan DPP,” tegasnya.

Salah satu tim AT Community Assagaff, Jalil Rumfot mengatakan, petahana belum menentukan bakal calon wakil gubernur, karena masih menunggu respons positif PDI Perjuangan. AT Community merupakan salah satu organ relawan pendukung Assagaff. “Sampai saat ini belum jelas pasangannya pa Bib (Assagaff), karena tunggu respons PDIP terkait Edwin jadi wagub,” kata Jalil.

Menurut Jalil, sudah ada sinyal Assagaff memilih Edwin. Namun, masih ada pro dan kontra di internal PDIP. Sebagian kader mendukung Edwin berpasangan dengan Assagaff, sebagian lainnya tidak setuju. “Iya, sinyal itu sudah ada. Tapi tinggal tunggu waktu yang tepat. Sebab, masih ada kisruh internal (PDIP). Ada yang mau Edwin dan ada yang tidak sejalan dengannya. Kalau di tim SA oke-oke aja. Justru kalau koalisi Golkar PDIP, lebih baik,” katanya.

Sejumlah kader PDI Perjuangan yang dihubungi tidak memberikan tanggapan. “Tim saja. Kami sudah bagi-bagi tugas. Jadi, untuk pilgub adalah tugas Ketua Bidang Pemenangan Pemilu, pak Hendrik Sahureka,” singkat wakil ketua DPD PDI Perjuangan Maluku, Evert Kermite, tadi malam.(TAB)

Most Popular

To Top