Dapat Sapi Kurban Dari Presiden – Ambon Ekspres
Amboina

Dapat Sapi Kurban Dari Presiden

HEWAN KURBAN: Pedagang yang berjualan hewan kurban menjelang lebaran Idul Adha di pinggiran Jalan Jendral Sudirman, Kamis (24/8).SAHDAN FABANYO/AMEKS

AMEKS ONLINE, AMBON.––Presiden Joko Widodo memberikan sumbangan 1 ekor sapi untuk dikurbankan saat perayaan Hari Raya Idhul Adha 1438 Hijriah. Sumbangan hewan kurban itu akan diserahkan pihak istana negara kepada Pemprov Maluku. “Pak Presiden akan memberikan hewan qurban jenis sapi kepada masyarakat Maluku. Hewan kurban ini dalam waktu dekat akan diserahkan pihak istana kepada Pemprov Maluku,’’ ujar Kabag Humas Setda Provinsi Maluku, Bobby Kin Palapia kepada wartawan, Kamis (24/8).

Menurut dia, selain hewan kurban dari presiden, pemprov juga telah menyiapkan hewan kurban kepada masyarakat Maluku. “Pemerintah provinsi menyiapkan hewan qurban jenis sapi dan kambing untuk didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota. Total yang disiapkan 40 ekor sapi dan 85 ekor kambing. Jadi total ada 125 hewan kurban yang telah disiapkan saat ini oleh Pemprov Maluku,” jelas dia.

Dikatakan, untuk penerima hewan kurban, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Terutama yang dianggap lebih berhak untuk menerima hewan kurban. “Kalau untuk penerima, memang setiap tahun itu berbeda. Masih akan dilihat dan dikoordinasikan,” tuturnya.

Ratusan hewan kurban itu, lanjut Palapia, akan diserahkan secara simbolis oleh gubernur kepada Imam Mesjid Raya Al Fatah, awal pekan mendatang. “Direncanakan hewan-hewan kurban terutama untuk Kota Ambon, akan diserahkan oleh pak gubernur pada 29 Agustus mendatang dipelataran Mesjid Raya Alfatah,” terangnya.

Polda Maluku juga telah menyiapkan sejumlah hewan kurban untuk merayakan Idul Adha 1438 H. “Setiap tahun pasti ada hewan kurban yang disiapkan Polda Maluku. Untuk sementara yang kita tahu ada sapi dan kambing tetapi jumlahnya belum pasti sehingga belum bisa kami sampaikan,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku, AKBP Abner Richard Tatuh kepada koran ini, kemarin.

Dia mengaku, hewan qurban itu akan diberikan kepada keluarga besar Polda Maluku dan warga disekitar asrama terutama anak-anak yatim atau yang membutuhkan. ‘’Tentu akan dibagikan juga kepada mereka yang benar-benar membutuhkan,’’ pungkas dia.

Sementara itu, pantauan koran ini, jelang Hari Raya Idul Adha, pedagang mulai menjajakan hewan kurban di sejumlah tempat yang ada di Kota Ambon. Kambing dipasarkan dengan harga berkisar Rp 2 juta hingga Rp 4 juta per ekor. “Kalau saya hanya jual kambing. Kambing ini dari Rp 2 juta sampai Rp 4 juta. Tetapi saat ini pembeli masih sepi. Mungkin karena lebaran masih kurang seminggu atau mungkin karena penjual hewan kurban sudah banyak di Kota Ambon,” kata Ali, salah satu penjual hewan kurban yang ditemui koran ini, kemarin.

Dia mengaku, hewan kurban itu, dijual dengan harga yang bervariasi tergantung usia dan bobot atau berat dari hewan kurban itu. ‘’Tentu harga tergantung usia dan berat,’’ tandas dia.(AHA)

Click to comment

Most Popular

To Top