Camat Namlea Sosialisasi Pembentukan BUMDes – Ambon Ekspres
Lintas Pulau

Camat Namlea Sosialisasi Pembentukan BUMDes

AMEKS ONLINE–Camat Namlea, Karim Wamnebo, Sabtu pekan lalu, menggelar kegiatan sosialisasi dan musyawarah desa untuk pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Lala. Kegiatan ini mendapat apresiasi dari warga masyarakat setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Karim Wamnebo mengatakan, tujuan awal pembentukan BUMDes untuk mendorong atau menampung seluruh kegiatan peningkatan pendapatan masyarakat.
“Sebagai sebuah usaha desa, pembentukan BUMDes adalah benar-benar untuk memaksimalisasi potensi masyarakat desa baik itu potensi ekonomi, sumber daya alam, ataupun sumber daya manusianya,” jelas Karim.

Lebih lanjut dikatakan, secara spesifik pendirian BUMDes adalah untuk menyerap tenaga kerja desa, meningkatkan kreatifitas dan peluang usaha ekonomi produktif bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.
Ia menjelaskan, sasaran pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui BUMDes itu yakni, untuk melayani masyarakat desa dalam mengembangkan usaha produktif.

Tujuan lainnya dari pembentukan BUMDes yakni, untuk menyediakan media beragam usaha dalam menunjang perekonomian masyarakat desa sesuai dengan potensi desa dan kebutuhan masyarakat.
Dalam sosialisasi dan musyawarah desa itu, Karim menjelaskan, mendirikan BUMDes ada tahapan-tahapan yang dilakukan perangkat desa, terutama kepala desa sebagai komisaris BUMDes.

Tahapan pendirian BUMDes harus dilakukan melalui inisiatif desa yang dirumuskan secara partisipatif oleh seluruh komponen masyarakat desa. Pendirian BUMDes juga dimungkinkan atas inisiatif pemerintah kabupaten sebagai bentuk intervensi pembangunan perdesaan untuk mendukung pembangunan daerah.
Ada tiga tahapan yang bisa dilalui kepala desa bersama pihak panitia pembentukan BUMDes untuk proses pembentukan BUMDes secara ideal yakni, membangun kesepakatan antar masyarakat desa dan pemerintah desa yang dilakukan melalui musyawarah desa.

Kemudian, lanjutnya, pengaturan organisasi BUMDes yang mengacu kepada rumusan musyawarah desa pada tahap I oleh Penitia Ad-hoc, dan pengesahan peraturan desa tentang pembentukan BUMDes, Anggaran Dasar BUMDes, Struktur Organisasi dan aturan kelembagaan BUMDes yang berfungsi sebagai pengelola BUMDes.
Dihadapan warga Desa Lala, Karim mengatakan, warga desa harus lebih kreatif dalam mengelola hasil desa agar tujuan pembentukan BUMDes dapat berjalan baik dan bisa bermanfaat untuk seluruh warga desa. (DHE)

Click to comment

Most Popular

To Top