Pariela Pimpin KONI Maluku – Ambon Ekspres
Berita Utama

Pariela Pimpin KONI Maluku

Karela Albert Ralahalu (kiri) Ketum KONI Maluku demisioner memberikan bendera KONI kepada Toni Pariela usai Musorprov KON Maluku Tahun 2017 di Lantai 7 Kantor Gubernur, akhir pekan kemarin

AMEKS ONLINE, AMBON.––Toni Pariela terpilih secara aklamasi memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia(KONI) Maluku periode 2017-2021. Dia terpilih dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) KONI Maluku yang berlangsung di Lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Sabtu (26/8).

Pariela yang menjabat sebagai Ketua Harian KONI Maluku pada periode sebelumnya, ditetapkan sebagai calon tunggal pada Musorprov yang dibuka Wakil Gubernur Zeth Sahuburua dan dihadiri pengurus cabang olahraga, KONI kabupaten/kota dan badan fungsional serta perwakilan KONI Pusat.

Dari 37 anggota yang hadir di hajatan olahraga empat tahunan itu, semuanya menjatuhkan pilihan kepada Toni Pariela karena pria berkcamata itu merupakan calon tunggal yang maju di Musorprov kali ini. Itu berarti, Pariela akan memimpin KONI Maluku hingga empat tahun kedepan.

Walaupun begitu, sempat ada usulan dari salah satu pengurus cabor untuk menambah calon ketua umum dalam Musorprov yang diharidi 37 anggota KONI Maluku. Namun, hal itu gagal karena tidak disetujui mayoritas anggota KONI, dengan alasan Pariela merupakan salah seorang bakal calon yang mengembalikan berkas pencalonan Ketum KONI Maluku 21 Juli lalu.

Usai terpilih, Pariela mengatakan akan bekerja maksimal menjalankan amanah sebagai ketua KONI Maluku untuk pertama kalinya. ‘’Berbagai masukan dari cabang olahraga dan KONI kabupaten/kota akan ditampung dan menjadi bahan referensi utamanya dalam penyusunan program kerja ke depannya,’’ ungkap Pariela kepada Ambon Ekspres usai Musorprov.

Menurutnya, prestasi Maluku di PON Jabar lalu, masih jauh dengan yang diharapkan. Olehnya itu, kekurangan-kekurangan akan diperbaiki sehingga atlet Maluku bisa lebih maksimal di PON Papua. ’’Tugas yang akan saya lakukan dalam waktu dekat adalah melanjutkan program-program yang masih belum dikerjakan, terutama masalah pembinaan atlet dan pelatih yang sangat terbatas. Kemudian program lainnya yang masih tertinggal akan kami kerjakan bersama-sama pengurus yang akan dibentuk,’’ jelasnya.

Dikatakan, dalam waktu dekat, dirinyamenjalin komunikasi dengan tim formatur untuk penyusunan pengurus baru. ’’Sejatinya, saya siap menjalankan amanah organisasi yang diputuskan pada Musorprov kemarin. Saya juga siap memberikan yang terbaik untuk prestasi olahraga Maluku dan untuk mewujudkan semua ini, harus ada dukungan dari seluruh stakeholder olahraga,’’ pungkas Pariela.

Sementara itu, Albert Fenanlampir, bakal calon ketum KONI Maluku mengucapkan selamat kepada Pak Pariela.’’ Saya ucapkan selamat kepada ketum KONI yang baru. Semoga olahraga Maluku bisa lebih baik lagi kedepan dan kami tetap memberikan dukungan kepadanya,’’ singkatnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Zeth Sahuburua saat membuka Musorprov ke X berharap kegiatan olahraga empat tahunan itu menghasilkan figur yang berkomitmen dengan kemajuan prestasi olahraga. ’’Tantangan kepada akan lebih berat lagi. Olehnya itu, sarana prasarana dan kesiapan infrastruktur pendukung lainnya harus disiapkan,’’ ujarnya.

Dirinya mengingatkan agar momentum Musorprov bisa dimanfaatkan untuk merangkum berbagai masukan positif dari semua cabang olahraga dan diharapkan berbagai masukan itu bisa terakomodasi dalam penyusunan program KONI Maluku ke depannya. ’’Kami berharap adanya pembenahan struktur pengurus, utamanya untuk pengurus yang tidak pernah aktif dan tidak pernah punya kepedulian terhadap cabang olahraga,’’ ujarnya.

Dia menambahkan, Musorprov sebagai pemegang kekuasaan tertinggi KONI provinsi bernilai strategis, dengan agenda utama memilih figur terbaik ketua umum periode 2017-2021. ‘’Musorprov harus menghasilkan figur yang berkomitmen dengan kemajuan prestasi olahraga,’’ demikian Sahuburua.(ZAL)

Most Popular

To Top