Tagih Janji Kajati – Ambon Ekspres
Hukum

Tagih Janji Kajati

AMEKS ONLINE, AMBON.––Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku, Manumpak Pane ditagih janjinya. Janji untuk mengumumkan tersangka terkait proyek pembangunan Terminal Transit Passo. Sudah memasuki pekan terakhir di bulan Agustus ini, nama tersangka itu masih misterius.

Janji Kajati Maluku bukan hanya satu kali. Namun belum terbukti hingga sekarang. Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette menjelaskan, kewenangan untuk menetapkan tersangka berada di tangan penyidik. “Penetapan tersangka itu menjadi kewenangan penyidik,” ungkap Sapulette kepada koran ini, (27/8).

Namun, kata Samy, Kajati sebelumnya telah memerintahkan kepada tim penyidik dalam perkara proyek yang menghabiskan keuangan negara sebesar Rp 55 miliar itu untuk segera merampungkan laporan hasil penyidikan serta melakukan ekspose pada pekan depan (pekan ini). “Jadi, ikuti saja. Yang pasti di pekan depan (pekan ini) ada langkah yang ditempuh penyidik sebagaimana perintah pimpinan Kejati Maluku,” kata Samy.

Praktisi Hukum, Hendrik Lusikooy kepada koran ini meminta kepada Kajati Maluku agar lebih tegas dan serius. Bukan hanya janji kepada publik, lalu janji itu tidak ditepati. Karena yang namanya perkara korupsi tentunya dikawal intens oleh masyarakat. “Mudah-mudahan janji beliau di pekan depan nanti dapat terealisasi. Karena diketahui bahwa kasus ini terus dikawal oleh masyarkat,” ucap Hendrik.

Dia memberikan apresiasi kepada Kejati Maluku terkait penanganan sejumlah perkara korupsi besar termasuk repo obligasi PT Bank Maluku dan Malut kepada PT Andalan Artha Advisindo (AAA) Securitas senilai Rp 300 miliar. Namun, kata dia, hendaknya penanganan jangan hanya gencar diawal lalu kemudian tertumpuk dan membiarkan perkara itu terhenti ditahap penyidikan. “Yang saya minta Kejati Maluku harus lebih konsisten dan profesional dalam melaksakan tugas, sehingga supremasi hukum dapat betul-betul disentuh masyarakat, khususnya di Maluku,” ujar Hendrik.

Diberitakan sebelumnya, Kejati Maluku telah memberikan sinyal positif dari progres penanganan kasus dimaksud. Setidaknya, dalam waktu dekat jaksa segera menetapkan tersangka menyusul naiknya kasus ini dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

Kajati Maluku Manumpak Pane memberikan sinyal kalau sudah ada calon tersangka dalam kasus dugaan korupsi Terminal Transit Passo. Dia mengatakan pertama kalinya saat coffee morning bersama Forum Wartawan Kejati Maluku di aula Kantor Kejati Maluku, 14 Juli 2017. “Saya katakan sudah ada indikasi calon tersangka dan sudah kita diskusi bersama. Sudah ada indikasinya. Dipastikan akhir Juli 2017 nanti sudah bisa diumumkan tersangkanya,” tandasnya saat itu.

Kemudian hal senada disampaikan Kajati kepada Ambon Ekspres akhir Juli 2017 lalu. Saat itu dia menjanjikan akan mengumumkan tersangka pada awal Agustus 2017. “Akhir Juli ini tidak jadi, yang pastinya awal Agustus nanti,” singkat dia saat itu.

Hal yang sama juga dinyatakan kepada wartawan usai ucapara peringatan HUT Kemerdekaan RI, Kamis (17/8) di Lapangan Merdeka Ambon. “Nanti kita akan bahas penetapan tersangka. Dalam pembahasan itu kita ketahui siapa yang bertanggung jawab atas tindak pidana korupsi dalam proyek pembangunan terminal Transit Passo,” kata Pane.(NEL)

Most Popular

To Top