Maluku-Tiongkok Jalin Kerjasama – Hacked by TryDee
Ekonomi

Maluku-Tiongkok Jalin Kerjasama

KERJASAMA: Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua (kanan) berpose bersama Konjen RRT di Surabaya, Gu Jingqi (dua dari kanan), usai melakukan pertemuan di Kantor Gubernur Maluku, Senin (28/8).

AMEKS ONLINE,AMBON.–Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Surabaya, Gu Jingqi, menyambangi Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin (28/8). Kedatangannya ini membawa angin segar bagi pertumbuhan ekonomi Maluku. Hal itu karena akan ada sejumlah kerjasama dibangun antara Maluku dan Tiongkok.

Kerja sama antara Maluku dengan Tiongkok itu, diprioritaskan pada sektor perikanan, pariwisata dan pembangunan insfraktruktur pendukung, terutama untuk wisata dan perikanan. “Tujuan kami datang kesini, untuk memperkenalkan diri setelah menjabat sebagai konsulat jenderal. Kemudian memperkenalkan Tiongkok kepada masyarakat Maluku, terutama dalam membangun dan memajukan ekonomi di Maluku,” kata Gu Jingqi kepada wartawan usai bertemu Pemprov Maluku, Senin (28/8).
Menurut dia, saat ini Tiongkok merupakan negara dengan tingkat ekonomi terbaik nomor dua di dunia. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Maluku dan Tiongkok harus berkerjasama. “Kerjasama insfraktruktur memang harus dilakukan, karena selain ekonomi, teknologi untuk pembangunan jembatan paling terbaik di dunia juga berasal dari Tiongkok. Kemudian juga insfraktruktur seperti pelabuhan perikanan, laut, udara dan jalan juga Tiongkok punya kualiutas yang bagus. Sehingga perlu untuk dilakukan kerjasama,” tutur pria yang fasih berbahasa Indonesia itu.
Gu Jingqi menambahkan, untuk sektor perikanan, Tiongkok juga memiliki teknologi dengan kualitas yang cukup memadai sehingga keinginan Maluku untuk bekerjasama dengan Tiongkok merupakan hal yang baik untuk dikembangkan. “Maluku salah satu wilayah kerja dari Konsulat Jenderal Tiongkok, sehingga Maluku wajib kita datangi dan ajak kerjasama. Tindak lanjut dari pertemuan ini adalah bagaimana Pemprov Maluku bisa datang ke Tiongkok sehingga kerjasasama ini bisa direalisasikan,” jelas dia.
Tak hanya di Maluku, Gu Jingqi juga memastikan akan mendatangi Maluku Utara, karena kedua provinsi ini meerupakan bagian dari wilayah kerja Konsulat Jenderal Tiongkok yang bermarkas di Surabaya. ‘’Di Maluku Utara sudah ada investasi di sana. Makanya kita juga mau berinvestasi di Maluku. Kita inginkan mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa berjalan. Makanya pak wakil gubernur atau pemerintah Maluku harus datang ke Tiongkok,” bebernya.
Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengatakan, kedatangan Konsulat Jenderal Republik Rakyat Tiongkok dapat membawa kabar gembira bagi perkembangan dan kemajuan Maluku kedepan. “Mereka datang juga untuk berinvestasi. Dan investasi yang kita butuhkan di Maluku yakni infrastruktur, investasi dibidang perikanan dan pariwisata. Tiongkok sudah bersedia untuk itu,” kata dia.
Menurut dia, di sector perikanan, Maluku membutuhkan investasi terutama budidaya dan tangkap. Pemerintah Tiongkok juga bersedia membantu pemerintah provinsi. “Mereka tanya kepada saya (wagub), yang dibutuhkan disini apa ? Saya bilang tangkap dan budidaya. Tetapi karena masyarakat kita disini sudah terbiasa dengan tangkap, maka kita akan lakukan budidaya yang besar, kemudian untuk diekspor ke Tiongkok, dan mereka bersedia membantu kita,” bebernya.
Sahuburua menambahkan, pemerintah Tiongkok juga bakal mengundang Pemprov Maluku Maluku, untuk melakukan pemaparan terkait kondisi Maluku termasuk potensi yang ada. Itu dianggap penting guna kerjasama antara Tiongkok dan Maluku segara direalisasikan. “Mereka juga sudah mengundang kami, dan kami akan ke sana (Tiongkok). Ini karena mendadak, maka kita tidak bisa siapkan secara langsung proposal, makanya diminta untuk ke Tiongkok,” tuturnya.
Untuk investasi di bidang pariwisata, lanjut dia, pihaknya telah menyiapkan Pulau Banda, karena keindahan pulau itu dapat dijadikan sebagai destinasi wisata terbaik di dunia. “Kami sampaikan silahkan datang ke Banda. Dan ternyata mereka juga menyambut baik untuk datang ke Banda. Kita harapkan mereka bisa undang kami, dalam waktu dekat sehingga investasi yang direncanaka ini, bisa berjalan dengan baik. Semua ini semata-mata untuk masyarakat Maluku,” tandasnya.(AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!