Polisi Bidik Tersangka Baru Kelompok Saracen – Ambon Ekspres
Kriminal

Polisi Bidik Tersangka Baru Kelompok Saracen

AMEKS ONLINE, JAKARTA – Bareskrim Polri terus mengusut kasus kelompok penebar ujaran kebencian dan hoaks, Saracen. Dari tiga pelaku, petugas kini terus mengembangkan siapa saja kiranya yang menjadi pengorder atau ada pelaku lain.

Di struktur kelompok, memang tercantum sejumlah nama. Namun Polri belum berencana memeriksa orang yang namanya dicantumkan dalam daftar pengurus Saracen.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menerangkan, penyidik belum kepikiran memeriksa orang yang namanya dicantumkan itu. “Sampai saat ini belum ya,” kata dia, Senin (28/8).

Untuk memburu tersangka baru, penyidik tidak akan fokus pada pengakuan tersangka saja. “Yang jelas kami tidak hanya berpatok dengan pengakuan tersangka tapi kami juga akan mencari fakta-fakta hukumnya, nama-nama itu terkait atau tidak dan peranannya apa,” papar dia.

Pasalnya sejauh ini, lanjut dia, belum ada bukti atau indikasi awal nama itu terlibat dalam aksi kejahatan Saracen. “Kalau ada fakta hukum, kami akan panggil,” tegas Setyo.

Terpisah, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul menyebut bahwa proses penyidikan terkait struktur pengurus Saracen masih dilakukan. Pemanggilan saksi akan dilakukan bila ada nama yang disebut tersangka.

“Kami bakal klarifikasi nama-nama yang ada disebut, bila disebutkan oleh para tersangka. Misalnya tersangka ini menyatakan peran si A, yang namanya masuk di situ, dikatakan memiliki peranan aktif. Misalnya melakukan hack. Maka akan didalami kebenaran keterangan tersangka sejauh mana,” urai dia.

Tapi bila hanya sebatas pencantuman nama, tanpa ada dugaan bukti keterlibatan, maka polisi tak akan melakukan klarifikasi. (Fajar/JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top