Gubernur Serahkan Hewan Kurban – Ambon Ekspres
Berita Utama

Gubernur Serahkan Hewan Kurban

Gubernur Maluku Ir. Said Assagaf menyerahkan hewan kurban kepada masyarakat di pelataran Mesjid Raya Al-Fatah, Selasa (29/8). SAHDAN FABANYO/AMEKS

AMEKS ONLINE, AMBON.–– Gubernur Maluku Said Assagaff menyerahkan puluhan ekor hewan kurban kepada masyarakat Maluku, Selasa (29/8). Penyerahan dilakukan melalui imam Masjid Raya Al Fatah Ambon dan sejumlah perwakilan masyarakat yang ada di Kota Ambon maupun jazirah Leihitu. “Ada 128 hewan kurban yang kita serahkan secara simbolis kepada masyarakat Maluku. Ratusan hewan kurban itu terdiri dari sapi 40 ekor, kambing 85 ekor, yang merupakan pemberian Pemprov kepada masyarakat. Kemudian Gubernur Maluku secara pribadi sebanyak 2 ekor sapi serta dan 1 ekor sapi dari pak presiden,” jelas Assagaff kepada wartawan dipelataran Mesjid Raya Al Fatah Ambon, Selasa (29/8).

Menurut dia, sapi yang diberikan Presiden Joko Widodo, Gubernur Maluku secara pribadi dan Pemprov Maluku itu memiliki berat ratusan kilogram. “Pemberian dari pak presiden yakni seekor sapi Onggo dengan berat 800 kilogram. Kemudian sapi dari gubernur dengan berat 750 kilogram dan 500 kilogram,” kata dia.

Dikatakan, Presiden Joko Widodo juga berharap hewan kurban yang telah diberikan itu dapat disembelih saat Idul Adha dan dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima. “Sapi dari presiden itu, akan disembeli di Mesjid Raya Al Fatah. Pak presiden berpesan agar daging hewan kurban itu nantinya dapat diberikan kepada yang berhak menerimanya,” tutur dia.

Hewan kurban pemberian Gubernur Maluku, kata dia, direncanakan akan disembelih pada dua mesjid yang berbeda yakni Mesjid Raya Al Fatah dan Mesjid Al Falaq Waihaong. “Saya berharap, seluruh mejid yang ada di Kota Ambon, dapat menerima hewan kurban yang telah disiapkan pemerintah provinsi,” pungkas dia.

Sementara itu, usai penyerahan secara simbolis, ternyata ada kekecewaan dari sejumlah perwakilan masyarakat terkait dengan kinerja dari Biro Kesra Setda Maluku selaku pihak yang bertanggungjawab atas penyerahan hewan kurban milik Pemprov Maluku. Aksi itu salah satunya datang dari Pemerintah Negeri Larike, Kecamatan Leihitu Barat, Maluku Tengah.

Mereka menyesalkan kinerja Biro Kesra Setda Maluku terkait dengan pemberian hewan kurban kepada Pemerintah Negeri Larike. “Awalnya pemerintah dalam hal ini, Biro Kesra Setda Maluku, menyurati secara resmi ke Pemerintah Negeri Larike, untuk pengambilan hewan kurban tersebut. Namun kenyataannya pada saat mau membubuhi tandatangan untuk mengambil hewan kurban, ternyata telah diambil oleh orang lain,” protes Sekretaris Negeri Larike Amin Komi dikawasan pelataran mesjid Raya Al Fatah Ambon, Selasa (29/8).

Menurut dia, mestinya pemerintah provinsi lebih jelih dan teliti dalam pembagian hewan kurban, sehingga masyarakat tidak merasa dikorbankan. “Jangan kami datang jauh-jauh dengan harapan sesuai pemberitahuan yang ada untuk mendapatkan hewan kurban, tetapi yang terjadi malah tidak dapat, karena telah diambil oleh orang lain,” tuturnya.

Meski kecewa, baginya itu bukan menjadi persoalan. Hanya saja, dia berharap pemerintah lebih jeli dalam melakukan pembagian maupun penyerahan hewan kurban kepada masyarakat. “Artinya pemberian itu harus sesuai. Jangan sampai masyarakat disuruh datang padahal ternyata tidak menerima,” timpalnya.

Karo Kesra Setda Maluku Rosmin Tutupoho mengatakan, kedepan pihaknya akan melakukan koordinasi serta komunikasi yang baik. “Ini hanya masalah komunikasi saja. Kedepan kami akan bekerja dengan baik,” kata dia singkat.

Sekretaris Desa Batumerah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, M Arlis Lisaholet mengatakan, pemerintah dan masyarakat Batumerah menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Maluku yang telah memberikan 1 ekor sapi kurban. ‘’Alhamdulillah, Pemerintah Negeri Batumerah mendapatkan bantuan 1 ekor sapi kurban dari pemerintah provinsi untuk dikurbankan saat lebaran nanti. Memang selama ini pemerintah negeri menerima bantuan hewan kurban, baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kota,” tutur Lisaholet.(AHA)

Most Popular

To Top