Murad Belum Aman di PAN, Sinyal PPP ke Said – Ambon Ekspres
Politik

Murad Belum Aman di PAN, Sinyal PPP ke Said

Ilustrasi Pilkada Langsung/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.— Murad Ismail mengklaim telah direkomendasi Partai Amanat Nasional (PAN). Namun, PAN Maluku justru mengaku, Said Assagaff juga masih menguat di DPP. Sementara itu, PPP memberikan sinyal kuat kembali mendukung Said Assagaff.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Maluku, Abas Hames Hanubun mengatakan, dua bakal calon Gubernur Maluku, Said Assagaff dan Murad Ismail menguat di Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Namun, Hanubun tak mau berspekulasi soal peluang rekomendasi.

Dia juga mengaku, hingga kini belum mengetahui pasti soal rekomendasi PAN ke Murad, yang informasinya tinggal menunggu tanda tangan ketua umum dan sekretaris jenderal atau sebutan lain dari pengurus DPP. “Sejauh ini, dari semua bakal calon Gubernur Maluku, yang sering diperbincangkan di DPP hanyalah Said Assaggaff, dan Murad Ismail. Sedangkan yang lain kurang dibicarakan. Sedangkan untuk informasi rekomendasi PAN ke Murad yang tinggal menunggu tangan DPP jujur saya belum mengetahuinya, apakah benar atau tidak,” ujar Hanubun kepada Ambon Ekspres via seluler, Selasa (29/8).

Dia mengatakan, jika rekomendasi sudah diberikan secara resmi, maka selaku Ketua DPW pasti mengetahui informasi tersebut dari DPP, agar disampaikan kepada publik secara gamblang. Olehnya itu, dia belum bisa memberikan komentar yang lebih jauh. “Sebagai ketua, saya harus mendapatkan informasi dari pimpinan partai tingkat DPP dulu baru bisa kami sampaikan. Dan sejauh ini belum ada, makanya saya tidak mau berkomentar banyak soal itu,” katanya.

Soal peluang, Hanubun tidak mau berspekulasi. Sebab, rekomendasi merupakan kewenangan DPP. “Persoalan rekomendasi itu urusan DPP, saya hanya sampaikan kalau kedua ini yang sering dibicarakan disana (DPP). Kita di tingkat wilayah hanya ikuti saja apa yang putuskan,” tandas Hanubun.

Sebelumnya diberitakan koran ini kamis (24/8) bakal calon Gubernur Maluku Murad Ismail mengaku, telah memperoleh rekomendasi dari DPP PAN. Tetepi belum bisa dipublikasikan, karena masih menunggu tanda tangan dari ketua DPP. “Yang jelas PAN sudah kasih saya rekomendasi dua hari yang lalu. Untuk buktinya belum bisa tunjukkan karena belum ada pasangan saya. Setelah sudah ada pasangan, baru ketuanya tanda tangan, lalu kemudian diberikan kepada saya. Kalau ada yang bicara soal PAN, itu bohong. Semua saya sudah dapatkan,” kata Murad kepada wartawan usai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) oleh DPW PKS Maluku di Swissbel-Hotel, Rabu (23/8).

PPP TETAP DUKUNG ASSAGAFF
Sementara itu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Maluku siap mendukung bakal calon gubernur Maluku Said Assagaff untuk mendapat rekomendasi partai. DPW PPP akan meyakinkan seluruh DPC untuk memberikan dukungan sepenuhnya kepada Assagaff dalam Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) PPP Maluku, September mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW PPP Maluku, Afras Pattisahusiwa mengatakan, dalam proses penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Maluku di Sekretariat DPW PPP Maluku, hanya 2 bakal calon gubernur yang memenuhi persyaratan administrasi, yakni Said Assagaff dan Irjen Pol Murad Ismail.
Sementara untuk balon wakil gubernur yang memenuhi syarat administrasi adalah Alex Rentanubun dan Mozes Rudy Timisela. Sehingga 4 nama ini akan dikirimkan ke DPP usai pelaksanaan Muskerwil PPP Maluku September 2017 mendatang.

Akan tetapi, akui Afras, sekalipun ada dua nama yang nantinya menjadi pertimbangan DPP PPP, seluruh dukungan DPW akan difokuskan kepada Said Assagaff. Dengan meminta pertimbangan seluruh DPC, sehingga dapat meyakinkan DPP untuk memberikan rekomendasi partai kepada Assagaff. “Untuk PPP memang agak sedikit ringan. Karena hanya dua balon gubernur yakni pak Said Assagaff dan pak Murad Ismail. Dan dalam Muskerwil nanti tentu akan meminta pertimbangan seluruh DPC, untuk menentukan arah DPW. Tetapi menurut saya, lebih dari 75 persen dukungannya akan merangah ke pak Assagaff,” tandas Afras, kepada awak media usai penandatanganan perpanjangan MoU dengan Kejati Maluku di Amaris Hotel, Selasa (29/8).

Menurutnya, dari perkembangan politik saat ini, dukungan seluruh DPC untuk pemilihan gubernur (pilgub) Maluku periode 2018-2023, telah mengarah kepada petahana (Said Assagaff). Dan dukungan tersebut nantinya akan memperkuat keputusan DPW untuk mengusulkan Assagaff untuk diberikan rekomendasi.

Sementara untuk posisi wakil gubernur yang akan berpasangan dengan Assagaf, lanjut Afras, DPW PPP akan memberikan ruang bagi Assagaff untuk menentukan siapa wakilnya antara Andreas Rentanubun maupun Mozes Rudy Timisela. Bahkan sekalipun ada usulan wakil diluar kedua nama tersebut yang telah berproses di PPP. “Siapapun bakal calon wakil gubernur yang dipilih Assagaff dari dua balon yang berproses di PPP, tetap akan kita dukung. Bahkan diluar nama yang berproses di PPP, tetap akan kita dukung. Tetapi menurut saya, pak Andre juga cerdas. Namun semua kita kembalikan kepada pak Assagaff untuk menentukan balon wakilnya,” akui Afras.

Terpisah, Plt Ketua DPC PPP kota Ambon, Novan Liem menambahkan, PPP Kota Ambon juga akan turut memberikan dukungan kepada Assagaff untuk mendapat rekomendasi partai. “Tentu kita akan mendukung pak Assagaff sebagai calon gubernur kita. Dan dukungan tersebut akan kita sampaikan kepada DPW. Sehingga bisa meyakinkan DPP untuk memberikan rekomendasi kepada pak Bip (Said Assagaff),” pungkas dia. (WHB/ISL).

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!