Temuan Ombusdman Mendapati 58 Modus Pungli di Sektor Pendidikan. – Ambon Ekspres
Pendidikan

Temuan Ombusdman Mendapati 58 Modus Pungli di Sektor Pendidikan.

AMEKS ONLINE,AMBON.–Ombusdman Perwakilan Maluku selama beroperasi di Maluku telah banyak menemukan temuan terkait dnegan  pungutan liar (Pungli), di berbagai sektor. Khusus disektor pendidikan, ada 58 temuan modus operandi yang dijalankan oleh pihak sekolah kepada para siswa di berbagai tingkatan.

Kepada Ambon Ekspres, Asisten Bidang Pengawasan Ombusdman Perwakilan Maluku, Harun Wailissa, menjelaskan, semua laporan yang masuk beberapa tahun ini, terkait dengan pungli sudah ditindak lajuti.  ”Pungutan tersebut melibatkan pihak sekolah dan komite. Dengan berbagai modus, ada 58 model pungli. Contoh, alasan uang duka, alasan untuk partisipasi dan lain sebagainya. Walaupun memakai bahasa sumbangan, Ombusdman melakukan kajian yang sistemik, ternyata itu bukan sumbangan tapi itu pungutan,” katanya saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dikatakan, dalam Permen nomor 44 tahun 2012 tentang pungutan dan sumbangan pada satuan pendidikan dasar, dijelaskan bahwa namanya sumbangan tidak diikat oleh jumlah dan waktu.

“Tetapi fakta di lapangan, berbagai model pungutan dengan berbagai namanya itu dibatasi dengan jumlah dan waktu. Sehingga Ombusdman mengambil kesimpulan, hal tersebut merupakan pungutan. Dan mereka menamainya dengan jubah untuk menarik sumbangan ke orangtua siswa untuk menutupi pungutan,” ujarnya.  (M6)

Click to comment

Most Popular

To Top