Benny Gaspersz Segera Dibui – Ambon Ekspres
Hukum

Benny Gaspersz Segera Dibui

AMEKS ONLINE, AMBON.–Tidak banding, mantan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Benjamin Gaspersz serta Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Maluku, Jhon Rante siap dieksekusi untuk menjalani hukuman yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tipikor Ambon.

Keduanya merupakan terpidana korupsi Studi Kelayakan Pembangunan Bandara Arara, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) Tahun 2015. “Eksekusi akan dilakukan karena tidak ada upaya hukum baik dari Beny Gaspersz maupun Jhon Rante atas putusan majelis hakim,” ungkap Kepala Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Malteng Cabang Wahai, Adjid Latuconsina.

Setelah putusan, kepada keduanya diberi waktu satu minggu untuk melakukan upaya hukum banding atau Peninjauan Kembali (PK) atau pikir-pikir. Namun hingga lewat waktu yang ditentukan baik Gaspersz maupun Jhon Rante tidak menggunakan hak tersebut. “Kami anggap sudah terima karena telah melampaui batas waktu yang ditentukan, demikian juga bagi kami (JPU) tidak mengajukan banding dan menerima putusan. Dengan demikian, kami tunggu salinan putusan dari pengadilan selanjutnya kita eksekusi,” jelas Ajid.

Sebelumnya pada sidang putusan kasus Bandara Arara yang digelar Rabu (23/8), majelis hakim yang dipimpin Jimmy Wally selaku hakim ketua didampingi Samsidar Nawawi dan Hery Liliantono selaku Hakim Anggota menjatuhkan pidana penjara bervariasi. Beny sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) merangkap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) divonis penjara selama dua tahun dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan. Sementara Jhon Rante selaku Pejabat Pembuat Teknis Kegiatan (PPTK) di vonis 1, 6 tahun penjara denda Rp. 50 juta subsider 1 bulan kurungan.(NEL)

Click to comment

Most Popular

To Top