Pangdam: Ubah Mindset Masyarakat Pembalak Jadi Petani – Ambon Ekspres
Nasional

Pangdam: Ubah Mindset Masyarakat Pembalak Jadi Petani

AMEKS ONLINE, PALEMBANG – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto melakukan patroli wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Desa Pangkalan Bayat Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Selasa (5/9).

Pangdam bersama rombongan memantau wilayah rawan Karhutla tersebut dengan cara berkonvoi menggunakan Motor Trail. Pemantauan dimulai dari PT. BPP Distrik Salero dan berakhir di lokasi tempat acara kegiatan tanam perdana padi di Desa Pangkalan Bayat.

Rombongan Pangdam terdiri dari Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin, Danlanud Palembang, Dandim 0401/Muba Letkol Czi Mulyadi beserta para Kasi jajaran Korem 044/Gapo, dan Pimpinan PT. Bumi Persada Permai (BPP) Muhammad Ikhsan.

Usai melakukan patrol, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putanto beserta rombongan melakukan penanaman perdana di lahan seluas 100 hektare. Penanaman menggunakan benih padi IP 100 dan penebaran Bios 44 hasil inovasi Korem 044/Gapo di lahan sawah baru di lokasi Desa Pangkalan Bayat Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin, yang diikuti juga oleh Kepala Desa pangkalan Bayat dan Tokoh Masyarakat setempat.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama Kodim 0401/Muba dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Banyuasin dan PT. Bumi Persada Permai ((BPP) dalam program Upsus cetak sawah dan Luas Tambah Tanah (LTT).

Pangdam dalam sambutannya mengatakan bahwa niat baik untuk menciptakan perekonomian baru bagi masyarakat Desa Pangkalan Bayat ini telah disampaikan oleh Danrem 044/Gapo sejak tiga bulan yang lalu. “Pada hari ini dapat terlaksana dengan baik, dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut dan berkesinambungan,” katanya.

“Saya berharap kepada masyarakat dan Babinsa untuk menjaga dan memelihara apa yang telah dilakukan ini dengan baik, meminta segera membangun posko pemantauan agar dapat memonitor program ini,” ucap Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga mengatakan kegiatan ini akan dijadikan percontohan bagi Kodim lain di seluruh jajaran Kodam II/Swj dalam upaya memberi kesejahteraan kepada masyarakat melalui kegiatan nyata.

Prev1 of 3

Click to comment

Most Popular

To Top