Kota Ambon Diusia 442 Tahun – Ambon Ekspres
Berita Utama

Kota Ambon Diusia 442 Tahun

AMEKS ONLINE, AMBON.—Meski sempat menimbulkan macet di sejumlah ruas jalan, perayaan HUT Kota Ambon ke 442 tetap berjalan dengan lancar, Kamis (7/9). Usai upacara di Lapangan Merdeka Ambon, seluruh kegiatan perayaan dipusatkan tepat diatas Jembatan Merah Putih (JMP). Para tamu undangan dan masyarakat, disuguhkan jamuan makan bersama (Patita).

Sejak pagi hari, masyarakat Kota Ambon telah memadati JMP yang dikenal sebagai jembatan terpanjang di Indonesia Timur. Terlihat juga sejumlah tamu negara tetangga turut memeriahkan puncak acara tersebut. Diantaranya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan RB) RI Asman Abnur, Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik Lembaga Administrasi Negara (LAN) Erfi Muthmainah, Gubernur Maluku Said Assagaff, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler, para petinggi TNI/Polri, para musisi nasional asal Maluku hingga sebagian besar masyarakat Kota Ambon.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, perayaan HUT Kota Ambon merupakan momentum penting yang patut dikenang. “HUT Kota Ambon untuk konsolidasi masyarakat Kota Ambon untuk maju kedepan. Makanya kita pilih tema Terus Benahi Ambon. Karena memang hanya dengan semua kekuatan soliditas saja kita dapat bergerak dengan cepat. Dan tanpa soliditas dan tanpa pembenahan, maka kita akan sia-sia,” ungkap Louhenapessy, Kamis (7/9).

Menurut dia, pemimpin Kota Ambon tentu tidak menginginkan masyarakatnya tidak berkembang atau hidup dalam keterpurukan. Namun, dirinya tetap menginginkan agar seluruh masyarakat bisa menjadi lebih baik dari saat ini.

Olehnya itu tetap akan dilakukan pembenahan dengan 7 program prioritas pemerintah Kota Ambon, sesuai visi misi yang telah diprogramkan yakni menjadikan Kota Ambon tetap damai, bersih, sehat, terang, berbudaya, sejahtera dan inovatif. “Terima kasih kepada masyarakat Kota Ambon yang telah mensuport seluruh program pemerintah kota. Tidak ada orang tua yang ingin mencelaki anaknya. Begitupun, tidak ada pemimpin yang ingin menyusahkan rakyatnya. Kita akan terus memperbaiki kinerja pemerintahan dengan memprioritaskan 7 program kita demi kepentingan Kota Ambon kedepan,” pungkasnya.

Ketua DPRD Ambon James Maatita menambahkan, Kota Ambon dalam usia saat ini, harus terus dikembangkan lewat perbaikan infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, ada harapan dari seluruh masyarakat terhadap Pemkot Ambon untuk segera membenahi berbagai masalah yang ada termasuk kemacetan. Apalagi kondisi Kota Ambon tidak lagi bisa ditambah sehingga perlu alternatif ruas jalan baru.

Menurut dia, pembangunan sarana sudah tidak bisa lagi dilakukan di daratan. Perlu ada pemikiran cerdas untuk membangun sejumlah ruas jalan di daerah pesisir sehingga Kota Ambon terlihat lebih bagus dalam sisi penataan kota saat ini. “Selain kemacetan, tentu juga ada hal-hal yang mesti menjadi perhatian Pemkot. Untuk menata pembangunan di Kota Ambon. Jika ada masyarakat ingin membangun tempat tinggalnya harus ditata oleh pemerintah. Sehingga tidak menempati tempat-tempat yang rawan bencana. Sebab Kota Ambon kan masuk dalam kawasan rawan bencana,” pesan ketua DPC PDIP Kota Ambon ini. (ISL)

Prev1 of 2

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!