Festival Teluk Ambon Dimulai – Ambon Ekspres
Amboina

Festival Teluk Ambon Dimulai

AMEKS ONLINE, AMBON.–Festival Teluk Ambon kembali digelar. Gubernur Maluku Said Assagaff secara resmi membuka gelaran event tahunan yang turut mendukung pengembangan pariwisata di Maluku itu, Jumat (8/9).

Assagaff mengatakan, alam yang ada di Kota Ambon sudah terkenal sejak dulu. Hanya saja, karena konflik sosial pernah melanda daerah ini, membuat pemerintah harus berupaya untuk mengembalikan semua kepercayaan itu. Salah satunya, dunia pariwisata yang ada di Pulau Ambon. “Ambon sangat indah dan kaya untuk dilukiskan, dinikmati dan dipromosikan. Mengabaikan Ambon sama saja dengan kita tidak mensyukuri karunia Tuhan yang begitu berharga untuk kita. Selain itu, mengabaikan Ambon sama saja dengan mengabaikan peradaban negeri ini. Ambon salah satu emas dari Timur tidak bisa dilepas pisahkan dari Teluk Ambon,” kata dia.

Dikatakan, selain dari keindahan dan menyimpan kekayaan laut yang besar tetapi juga memiliki posisi yang sangat besar, strategis, terhadap sejarah perkembangan dunia, terutama yang ada di kota Ambon dan Maluku pada umumnya. “Kegiatan ini (Pesta Teluk) membuat kita mempertegas Teluk Ambon sebagai ikon pariwisata kita di Maluku. Baik wisata bahari maupun wisata budaya dan sejarah, sambil kita menelusuri jejak-jejak wisata yang ada,” bebernya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Maluku, Habibah Saimima yang juga ketua panitia Festival Teluk Ambon mengungkapkan, ini merupakan kegiatan tahunan dalam rangka mempromosikan pariwisata yang ada di Pulau Ambon maupun Maluku secara keseluruhan.

Festival ini, kata dia, diisi dengan sejumlah kegiatan maupun perlombaan, dengan maksud untuk mempromosikan budaya dan pariwisata yang ada. “Kegiatan di mulai dari 8 – 10 September. Ada lomba perahu hias yang diikuti 13 regu, berasal dari 13 SKPD provinsi dan Kota Ambon. Arumabe manggurebe yang diikuti oleh 9 regu, berasal dari Desa Haria, Desa Noloth, Itawaka, Pia, Silale, Latuhalat serta Abubu,” jelas dia.

Kemudian, kata dia, ada lomba perahu semang wanita yang diikuti belasan regu yang berasal dari Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah. “Ada 11 regu yang berasal dari Kota Ambon dan Malteng, perahu semang laki-laki, yang diikuti 20 regu, berasal dari Kota Ambon, Malteng, Aru dan Buru.

Ada juga lomba grup band yang baru dilaksanakan tahun ini, aquatlon, goyang tobelo dan foto pariwisata. ‘’Ada juga kegiatan pendukung yakni parade pakaian Maluku, pameran kuliner dan industri kreatif yang ada di sekitar lokasi kegiatan,” bebernya. (AHA)

Click to comment

Most Popular

To Top