PKS Usul 3 Nama – Ambon Ekspres
Politik

PKS Usul 3 Nama

Karikatur

AMEKS ONLINE, AMBON.—DPW PKS Maluku siap mengusulkan tiga nama bakal calon (balon) gubernur Maluku ke DPP PKS. Diantaranya, petahana Said Assagaff, Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa dan Irjen Pol Murad Ismail. Usulan tersebut berdasarkan hasil survey serta dukungan struktur dan kader partai se-kabupaten/kota.

Ketua DPW PKS Maluku, Azis Sangkala menegaskan, keputusan untuk mengusulkan tiga nama tersebut berdasarkan hasil survei yang dibahas secara bersama dengan sejumlah pertimbangan dan masukan dari struktur dan kader. Mulai dari tingkat kabupaten/kota, kecamatan hingga masukan-masukan dari masyarakat. “Kita akan usulkan tiga nama ke DPP PKS. Yaitu
pak Said Assagaff, Tagop Sudarsono Soulissa dan Irjen Pol Murad Ismail. Adapun dua nama lain tidak kita usulkan. Dan atas nama partai dan selaku ketua TPPW, kami sampaikan permohonan maaf kepada pak Sedek Sangadji dan Yulius. Karena ada dua hal krusial yang menyebabkan dua nama ini tidak bisa diakomodir, diantaranya hasil survei yang masih rendah,” tandas Sangkala kepada awak media di Sekretariat DPW PKS Maluku, Jumat (8/9).

Menurutnya, ada sejumlah hal selain hasil survei terhadap dua nama tersebut sehingga tidak diusulkan ke DPP. Salah satunya terputusnya komunikasi dilapangan antara para pengurus partai dan tim dari dua bakal calon tersebut. “Putusnya komunikasi mereka dengan kami, sehingga tidak bisa untuk berkoordinasi untuk mengingatkan dua nama tersebut dalam meningkatkan tingkat popularitas. Dan tidak bisa menunjukan hasil yang signifikan untuk bisa diusulkan ke DPP,” tambahnya.

Sangkala yang didampingi Sekretaris DPW PKS beserta sejumlah kadernya menilai, dalam waktu dekat akan mengusulkan tiga nama tersebut untuk diproses dan menjadi bahan pertimbangan DPP dalam menentukan rekomendasi partai. “Setelah TPPW kemudian sambung dengan forum pengambilan keputusan tertinggi yaitu DPTW, Dewan Syuro dan majelis partai. Ketiga lembaga ini sudah setujui hasil keputusan TPPW untuk diteruskan ke DPP agar diproses dan dikeluarkan rekomendasi,” terang Sangkala.

Diakuinya, dari tiga nama tersebut, Assagaff selaku petahana masih memiliki tingkat survei yang sangat tinggi. Kemudian disusul oleh Tagop dan Murad Ismail yang memiliki tingkat survey yang berimbang. Bahkan ketiganya memiliki poin yang signifikan dari struktur maupun kader partai se kabupaten/kota. Sehingga harus diputuskan untuk mengusulkan tiga nama tersebut.
“Kalau berdasarkan survei, Assagaff masih tertinggi. Tetapi dari hasil survei dan dukungan dari struktur dan kader, ketiganya memiliki poin yang tidak terlalu berbeda jauh. Artinya ketiganya mendapat dukungan signifikan. Sehingga sesuai Jukni, kita tidak bisa usulkan dua nama, tetapi kita sepakat usulkan tiga nama,” jelas dia.

Disinggung soal balon wakil, Sangla menambahkan, bahwa bakal calon wakil gubernur yang berproses, seluruhnya akan dikirimkan ke DPP. Sehingga nanti akan diputuskan oleh DPP dengan memberikan pertimbangan kepada bakal calon gubernur untuk menentukan salah satu nama dari 4 nama yang berproses maupun bakal calon diluar proses di PKS. “Prinsipnya DPP prioritaskan pilihan wakil kepada calon gubernur. Jadi siapa balon gubernur yang diputuskan dari tiga nama tadi, dapat menggunakan 1 diantara 4 nama balon wakil. Artinya jika ke pak Assagaff, maka silahkan tentukan wakil yang berproses di PKS atau di luar PKS. Itu akan dipertimbangkan DPP. Begitupun bagi pak Tagop dan pak Murad,” kunci Sangkala. (ISL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!