6 Jamaah Haji Maluku Meninggal – Ambon Ekspres
Berita Utama

6 Jamaah Haji Maluku Meninggal

AMEKS ONLINE, AMBON.—Satu lagi jamaah haji asal Maluku meninggal dunia di Mekkah karena sakit. Minar Bennu Alimudin Binti Ngawa, jamaah asal Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) ini menghembuskan nafas terakhirnya di pemondokan haji di Hotel Al-Assel, Minggu (10/9).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Maluku, Fesal Musaad mengatakan, almarhum diketahui sakit sehingga lebih dulu meninggal dunia sebelum dipulangkan ke tanah air. Menurut dia, rata-rata jamaah yang meninggal di tanah suci sudah lanjut usia, termasuk almarhumah Minar Bennu Alimudin Binti Ngawa.
“Meninggalnya hari ini (kemarin) atas nama Minar Bennu Alimudin Binti Ngawa, jamaah asal SBB yang diberangkatkan dengan kloter 13 dari Embarkasi Makassar menuju Mekkah. Yang bersangkutan diketahui sakit sebelum meninggal, dan sudah dimakamkan. Kita doakan saja, semoga mereka yang meninggal disana, semuanya dalam Husnul Khatimah,” ucap Musaad kepada Ambon Ekspres via selulernya.

Dia mengatakan, dengan tambahan satu jamaah ini, maka total jamaah haji asal Maluku yang meninggal dunia sebanyak 6 orang. Semuanya sudah lanjut usia, dengan memiliki riwayat penyakit yang berbeda. ‘’Total sudah enam orang jamaah kita yang meninggal di Mekkah. Dan semuanya telah dimakamkan disana, tidak bisa dipulangkan ke tanah air. Kemudian yang kita harapkan adalah untuk jamaah lainnya semoga masih diberikan umur panjang, sehingga bisa kembali dan bertemu dengan keluarganya lagi,” harapnya.

Sebelumnya diberitakan, lima jamaah asal Maluku yang meninggal dunia masing-masing Abdurrahman Kelsaba (SBT), Lahaji Wanci (Bursel), Abas Abdurahim Wattiheluw (Malteng), Jakaria Jawas Palla (Buru) serta Adjid Djalal Hehanussa (SBB)

Sementara menyangkut kepulangan jemaah, Musaad mengatakan, berdasarkan jadwal, para jamaah akan dipulangkan ke tanah air melalui Jeddah. Kloter 13 akan dipulangkan pada 16 September 2017. Sedangkan untuk kloter 14 dan 15 pada 17 September.

Sedangkan jadwal untuk kepulangan jamaah ke Maluku, dipastikan pada 18 – 19 September 2017 semuanya sudah berada di Kota Ambon. Sementara untuk Maluku Tenggara, diterbangkan langsung dari Emberkasi Makassar dan tidak melewati Ambon. “Jemaah kita akan kembali ke kota Ambon tanggal 18 – 19 September. Karena ditanggal 16 – 17 mereka baru tiba di Embarkasi Makassar. Nantinya setelah kesini, mereka akan ditampung ke asrama haji transit Waiheru dan Balai Diklat Kemenag. Setelah itu, baru dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing,” pungkasanya. (WHB)

Click to comment

Most Popular

To Top