Badai Irma Melemah dan Melaju ke Orlando, Korban Tewas Capai 5 Orang – Ambon Ekspres
Internasional

Badai Irma Melemah dan Melaju ke Orlando, Korban Tewas Capai 5 Orang

AMEKS ONLINE–Badai Irma dilaporkan melemah yang tadinya merupakan badai kategori 4 kini menjadi badai kategori 1 dengan kecepatan angin maksimal sekira 136 kilometer (km) per jam. Badai Irma kini diketahui melaju ke arah wilayah Orlando pada hari ini atau Senin 10 September pagi waktu setempat setelah memporak-porandakan Florida.

Sebagaimana dilansir dari Abc News, Senin (11/9/2017), Badai Irma terus bergerak ke arah utara yaitu ke Tampa dan Orlando dengan kecepatan 22 km per jam. Badai Irma diketahui melemah sekira pukul 02.00 pagi dini hari waktu setempat dan diperkirakan kekuatannya akan terus menurun pada Senin malam.
Pusat Badai Nasional atau National Hurricane Center (NHC) menyatakan, bahwa Badai Irma nantinya akan bergerak ke Georgia, Alabama dan Tennessee dengan disertai hujan deras. Badai disertai dengan hujan deras tersebut dikhawatirkan berpotensi menyebabkan banjir bandang dan mengancam nyawa.

Sejauh ini, Badai Irma diketahui telah menewaskan 5 orang di Florida termasuk petugas polisi. Dua korban tewas berada di Monroe County, Florida Keys di mana salah satunya meninggal karena truk yang dikendarainya tersapu tiupan angin.
Truk pick-up yang dikendarai korban terhempas hingga menabrak sebatang pohon di pinggir jalan di Monroe County. Dan 1 korban lainnya ditemukan tewas di sebuah rumah di Shark Key, Florida. Kemudian 2 korban tewas sisanya merupakan petugas polisi. Keduanya meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil yang terjadi di tenah hujan lebit di Hardee County sekira 96 km dari Sarasota.
Badai Irma juga telah menyebabkan, lebih dari 4 juta orang di Florida hidup tanpa listrik dan terjadinya tindak pencurian. Polisi Miami-Date Senin pagi menyatakan bahwa mereka telah menangkap 28 orang yang terlibat aksi perampokan dan penjarahan. Polisi Fort Lauderale juga melaporkan jika mereka juga menangkap beberapa penjarah.

Berdasarkan keterangan Gubernur Negara Bagian Florida, Rick Scott, guna memulihkan dampak kehancuran dari Badai Irma, hampir 30 negara bagian di AS telah menerjunkan personil dan sumber daya ke lapangan.
“Florida telah menerima curahan dukungan luar biasa dari negara-negara lain dalam menanggapi Badai Irma. Kekuatan dan kecepatan bantuan negara-negara lain ini telah berperan besar dalam pemulihan akibat Irma. Orang-orang Florida sangat berterima kasih atas dedikasi tanpa pamrih mereka. Bersama-sama, kita akan pulih dan menjadi lebih kuat lagi,” ujar Scott.
Badai Irma terlebih dahulu melanda sejumlah negara di Kepulauan Karibia. Sedikitnya 23 orang tewas saat badai tersebut bergerak maju menuju utara, ke arah Amerika Serikat. Hantaman badai Irma merupakan yang ketiga kalinya dalam waktu berdekatan. Sebelumnya ada badai Harvey dan Jose yang terjadi di Benua Amerika. Badai keempat bernama Katie lantas muncul di wilayah Teluk Meksiko Selatan. (NET)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!