Hari Ini, Temu Karya Taman Budaya di Gelar – Ambon Ekspres
Pesona Manise

Hari Ini, Temu Karya Taman Budaya di Gelar

AMEKS ONLINE–Hari ini, Taman Budaya Maluku mengelar temu karya taman budaya seluruh Indonesia dan pameran besar seni rupa tahun 2017.

Temu karya dengan tema “Ekspresi Peradaban Kebangsaan” tersebut akan diikuti oleh perwakilan 26 provinsi di Indonesia, diantaranya, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan, Papua Dan Sulawesi.
Kepala Taman Budaya Maluku, Semy Toisuta mengatakan, pada pelaksanaan temu karya tersebut akan menitikberatkan pada pembahasan tentang kesenian.

Kesenian, katanya, semestinya dipandang sebagai kekuatan kebudayan dan kesukuan di Indonesia. Sehingga kekuatan kesenian Indonesia harus didorong agar menjadi kekuatan perekat kebangsaan.
Karena, lanjutnya, Indonesi terbentuk dari kekuatan geopolitis bukan etno. “Maluku mengangkat tema ekspresi peradaban kebangsaan, artinya kesenian maupun kebudayaan adalah adat kita yang berbeda dengan bangsa lain, dimana bunga rampai dalam kesenian membuat kita berbeda dengan bangsa lain. Misalnya, gotong royong tidak ada di bangsa lain karena mereka individualis, sedangkan kita komunal,” ungkapnya.

Dia mengatakan, tema “Ekspresi Peradaban Kebangsaan” senagaja diangkat agar temu karya taman budaya seluruh Indonesia 2017 dapat menceritakan kepada generasi muda tentang eksistensi ke-Indonesia-an, kemandirian sebagai bangsa, adaptasi dalam pergaulam nansional dan daya tahan, serta penguatan ekspresi kreatifitas.
Sehingga dia berharap, melalui temu karya tersebut semua elemen anak bangsa di Maluku dapat memperkaya kohesitas sosial. “Kita saling memperkaya kohesitas sosial yang dikenal dengan nama karakter kebangsaan,” tandasnya.(PRO2)

Click to comment

Most Popular

To Top