Mantan Camat Saparua di Bui – Ambon Ekspres
Hukum

Mantan Camat Saparua di Bui

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.—Mantan Camat Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Frederik Siahaya resmi dieksekusi ke Lapas Kelas IIA Ambon. Eksekusi dilakukan tim eksekutor Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon Cabang Saparua berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) RI yang menjatuhkan pidana penjara terhadap Siahaya selama 5 tahun. “Telah selesai. Kita telah resmi lakukan eksekusi terhadap yang bersangkutan (mantan camat) sejak Jumat (8/9) kemarin. Eksekusi dilakukan langsung di Kejari Ambon,” ungkap Kepala Kantor Kejari Ambon Cabang Saparua, Leo Tuanakota kepada Ambon Ekspres, Senin (5/9).

Dia mengatakan, eksekusi terhadap koruptor dana PNPM sejak tahun 2010 hingga 2012 ini tidak ada perlawanan dari bersangkutan. Terpidana didampingi penasehat hukumnya, Max Manuhutu juga siap untuk menjalani masa hukuman yang dijatuhkan MA RI. “Tidak ada perlawanan, dia juga siap untuk dieksekusi. Selain pidana badan, dia juga dihukum membayar denda senilai Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan dan uang pengganti Rp 47 juta subsider 1 bulan kurungan,” jelasnya.

Sebelumnya, Siahaya dituntut 5 tahun penjara oleh JPU Kejari Ambon karena terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan intervensi 8 proyek PNPM sejak tahun 2010 hingga 2012. Melalui majelis hakim Pengadilan Tipikor Ambon, Siahaya divonis 3 tahun penjara.

Tidak terima dengan vonis itu, Siahaya melalui penasihat hukumnya Max Manuhutu, melakukan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Ambon hingga kasasi ke Mahkamah Agung (MA) yang justru menambah hukumannya menjadi 5 tahun. (NEL)

Click to comment

Most Popular

To Top