Merasa Bersalah, Ketua KPK Minta Maaf ke DPR – Ambon Ekspres
Hukum

Merasa Bersalah, Ketua KPK Minta Maaf ke DPR

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo

AMEKS ONLINE, JAKARTA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo tak banyak bicara saat dicerca oleh anggota DPR RI Komisi III atas tuduhannya soal Pansus Angket KPK sebagai Obstruction of Justice atau menghalang-halangi proses penyidikan.

Atas pernyataan itu, Agus Rahardjo lantas menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh anggota DPR RI komisi III saat dilakaukan Rapat Dengar Pendapat di Gedung DPR RI Senayan, Selasa (12/9).

“Pertama ditanyakan Pak Junimart Girsang menghalang-halangi penyidikan, saya mohon maaf perkataan itu menyinggung, mengancam baik di Komisi III DPR dan Pansus Angket,” kata Agus Rahadjo.

Menurutnya orang nomor satu di lembaga anti rasuha itu, dirinya tidak ada niatan sedikitpun untuk mengancam Pansus Angket. Bahkan, dirinya mengakui pernyataan itu ditujukan bukan untuk lembaga Pansus.

“Sama sekali tidak mengancam, tapi kami mempertimbangkan, mempelajari. Kami juga menyadari obstruction of justice tidak bisa kepada lembaga, tapi seseorang yang menghalangi proses penyidikan,” akuinya.

Selain itu ia juga mengaku tujuan mengatakan akan mengenakan pasal Obstruction of Justice atau menghalang-halangi proses penyidikan juga bukan kepada anggota Pansus, melainkan kepada terpidana kasus pemberian keterangan palsu di Mahkamah Konstitusi (MK), Mochtar Effendi dan Politisi Golkar, Markus Nari.

“Kemudian kami juga sudah menangani kasus Akil Mochtar kepada Muchtar Effendi dan kedua Markus Mari. Kami tujuannya bukan untuk lembaga apalagi kepada Pansus, karena Pansus kewenangan kepada negara.” jelasnya. (Aiy/Fajar)

Click to comment

Most Popular

To Top