Mantan Sekda Bursel Dibui – Ambon Ekspres
Hukum

Mantan Sekda Bursel Dibui

AMEKS ONLINE, BURU.- Mantan Sekda Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Abubakar Masbait resmi dijebloskan ke Penjara Rutan kelas IIA Ambon. Kamis, (14/9). Masbait diinapkan di Hotel Prodeoa oleh penuntut umum Kejaksaan Tinggi (kejati) Maluku setelah selesai proses penyerahan barang bukti dan tersangka oleh penyidik Reskrimsus Polda Maluku.

“Benar hari ini (kemarin-red) ada Tahap II atau Penyerahan tersangka dan barang bukti, dalam Perkara Dugaan Tipikor Penyalahgunaan Anggaran Perjalanan Dinas pada SKPD Sekretariat Kabupaten Buru Selatan T.A 2011 atas nama Drs. A.M dari Penyidik Reskrimsus Polda Maluku kepada Penuntut Umum. Terhadap tersangka dilakukan penahanan,” ungkap Kasipenkum dan Humas Kejati Maluku, Samy Sapulette kepada wartawan diruang perss Kejati Maluku.

Penahanan dilakukan tepat pukul 15.00. Dia dibawa menggunakan mobil oprasional Pidsus Kejati Maluku. Sebelumnya tersangka yang didampingi pengacaranya, Joymico Syaranamual dan Hamzah Nurlili mengikuti proses penyerahan tersangka dan barang bukti sejak pukul 13.00.
“Barang bukti yang disita selain dokumen ada juga sitaan uang senilai Rp. 132.005.000,-. Uang itu disita dari pihak-pihak terkait. Indikasi kerugian keuangan negara dalam kauss tersebut sebesar Rp1,3 miliar,” jelas Samy.
Pengacara tersangka, Joymico Syaranamual mengaku, kasus kliennya menyangkut dugaan Penyalahgunaan Anggaran Perjalanan Dinas pada SKPD Sekretariat Daerah Buru Selatan tahun anggaran 2011.

Sesuai daftar pengisian anggaran SKPD Sekretariat Bursel tahun 2011 dialokasikan Rp 400 juta untuk perjalanan dinas dalam daerah. Sementara untuk luar daerah sebesar Rp 910 juta. Namun nilai tersebut diubah tidak lagi sama dnegan sebelumnya.

“Dugaannya Laporan pertanggungjawaban kemudian direkayasa, dibuat seolah-seolah perjalanan dinas dilakukan menghabiskan anggaran. itu yang kita tau, tinggal bagimana jaksa buktikan dakwaan mereka dipersidangan nanti,” tandas Joymico.

Masbait ditetapkan sebagai tersangka sejak Oktober 2016 lalu. Dia ditetapkan setelah penyidik mengantongi bukti-bukti dalam tahap penyelidikan maupun penyidikan. (NEL)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!