Siswa Diajak Cinta Produk Dalam Negeri – Ambon Ekspres
Pendidikan

Siswa Diajak Cinta Produk Dalam Negeri

AMEKS ONLINE, AMBON.–Upaya pemerintah untuk menanamkan rasa kecintaan terhadap produk asli dalam negeri dilakukan sejak dini. Hal ini mendorong Kementerian Perdagangan RI melalui Dirjen Perdagangan Dalam Negeri bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku menggelar kegiatan kepeduliaan penggunaan produk dalam negeri yang berlangsung di Kota Ambon sejak 14-15 September 2017.
Kegiatan tersebut melibatkan 500 ratus siswa dari tingkat SMP sampai SMA dan mahasiswa perguruan tinggi se-Kota Ambon berlokasi di Swisbel Hotel dan rumah kayu Wayame.

Kasubid Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Farid Candra, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan kepedulian generasi muda khususnya anak sekolah untuk mencintai produk Indonesia. “Ini merupakan kegiatan lanjutan dari daerah ke daerah tiap tahunnya. Kita memilih Indonesia timur karena Indonesia timur merupakan daerah yang saat ini sedang berkembang sehingga generasi muda kususnya anak didik yang duduk dibangku sekolah untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan produk dalam negeri untuk kelancaran proses belajar mengajar,” kata Farid di sela-sela kegiatan, Kamis, (14/9).

Farid, mengungkapkan alasan memilih siswa SMP dan SMA serta mahasiswa karena pada usia tersebut, anak didik dapat menanamkan kepedulian pemakaian produk dalam negeri dibandingkan dengan usia dini dibawah 5 tahun. Sehingga proses belajar mengajar di kelas dapat berjalan lancar.

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti sekaligus pemilik rumah kayu Wayame, Ir. Teidora Elsya Adelhit Agustin Matruti. M. Si, mengapresiasi program dari Kementerian Perdagangan RI. Pasalnya, melalui kegiatan tersebut siswa dan generasi muda Maluku, diajak untuk mencintai produk dalam negeri. Bahkan, produk lokal tidak kalah dengan daerah lain. “Di rumah kayu ini, para anak didik diajarkan untuk kewirausahaan agar dapat berdiri sendiri apabila lepas dari sini,” paparnya. (M6/SAT)

Click to comment

Most Popular

To Top