Besok Menko Maritim Buka TdM – Ambon Ekspres
Berita Utama

Besok Menko Maritim Buka TdM

AMEKS ONLINE, AMBON.—Menteri Koordinator Kemaritiman, Jenderal TNI (Paurn) Luhut Binsar Panjaitan dipastikan akan membuka Tour de Molvccas (TdM) atau balap sepeda internasional yang penyelenggaraanya di Maluku. TdM akan berlangsung 18 – 22 September. Persiapan panitia kini sudah rampung mencapai 98 persen. Simulasi aparat keamanan juga telah dilaksanakan, Jumat (15/9).

Kepala Dinas Pariwisata Maluku, yang juga ketua panitia daerah Habibah Saimima mengatakan, hingga saat ini sudah belasan tim yang dipastikan akan ikut dalam kegiatan tersebut. Peserta maupun tamu undangan, juga dipastikan tiba di Kota Ambon dalam rangka kegiatan bertaraf internasional itu pada Sabtu (16/9) hari ini.

“Pembukaan TdM berlangsung Minggu (17/9) oleh Menko Maritim. Pembukaan di Lapangan Merdeka Ambon. Untuk kepastian waktu pembukaan masih dikoordinasikan. Tapi yang pasti Minggu sudah buka. Sebelumnya ada 16 tim, namun 2 tim mundur yakni tim balap dari Colombia dan Iran. Jadi total tim semuanya ada 14 tim,” kata Saimima ketika dihubungi koran ini.

Menurut dia, Colombia batal ikut lantaran ada satu anggota tim mengalami kecelakaan. Sementara tim dari Iran tidak mendapatkan izin keluar dari pemerintah negara tersebut. “10 tim dari internasional dan 4 tim dari nasional. Untuk negara itu, ada 24 negara. Besok juga tim dan wasit serta staf dan tamu undangan yang terlibat akan tiba di Bandara Internasional Pattimura pukul 14.00 WIT dan disambut oleh Dinas Pariwisata Maluku,” jelas dia.

Saimima mengakui, setelah pembukaan yang berlangsung di Kota Ambon, para peserta maupun pihak-pihak yang berkaitan dengan kegiatan TdM itu, akan bergeser ke Piru, Seram Bagain Barat (SBB). Mereka akan memulai balap etape I dari Piru menuju Masohi pada Senin (18/9). “Etape I dari Piru – Masohi, dengan jarak 179,7 kilometer. Direncanakan akan mulai sekitar pukul 11.30 WIT dari Piru dan akan tiba di Masohi sekitar pukul 15.30 WIT,” tuturnya.

Kemudian, lanjut dia, para peserta dan panitia akan menginap di Kota Masohi. Setelah itu, pada 19 September, perserta akan diangkut dengan kendaraan menuju Wahai atau tepatnya di etape II. “Etape ke II, dari Wahai – Bula dengan jarak 155,8 km. Berangkat dari Wahai sekitar pukul 12.00 WIT dan akan tiba di Bula sekitar pukul 15.53 WIT. Etape ke III, dari Bula – Wahai, dengan jarak 153,8 kmter, start dari Pantai Gamumae, sekitar pukul 10..00 WIT dan tiba di Wahai sekitar pukul 13.50 WIT. Kemudian para peserta akan diangkut dengan kendaraan menuju Masohi untuk masuk ke etape IV dari Masohi – Waipirit,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Saimima, etape ke V di Kota Ambon pada 22 September. Pada etape ini, para peserta akan memulai balapan dari Pantai Namalatu – Gong Perdamaian Dunia, dengan jarak 89,9 kilometer. Di Kota Ambon ini para peserta akan berputar selama 7 kali,” tandasnya.

Terpisah, Direktur Lalulintas Polda Maluku, Kombes Polisi Heri Tri Sasono mengatakan, untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan TdM tersebut, Polda Maluku menyiapkan ribuan personil. Ribuan personil itu akan disebarkan diseluruh titik maupun jalur yang dilintasi oleh para perserta. “Ada sekitar 2.500 personil yang tersebar diseluruh etape. Ditambah dengan personil pawal dan pengamanan seluruh tempat-tempat yang akan disinggahi maupun dikunjungi peserta termasuk tempat tinggal peserta,” kata dia.

Pria dengan tiga melati dipundaknya itu menambahkan, untuk etape ke V, pihaknya akan menutup sebagain besar jalur yang ada di Kota Ambon saat pelaksanaan TdM. “Nanti pada 22 September itu, akan kita tutup Kota Ambon sekitar 3 hingga 4 jam. Makanya kita kerahkan seluruh kekuatan kita untuk melakukan pengamanan ini,” katanya.
SIMULASI

Sementara itu, simulasi pengamanan TdM yang berlangsung Jumat sore kemarin, dipimpin Wakapolda Maluku, Brigjen Polisi Daniel Pasaribu. Pasaribu menekankan kepada seluruh personil, agar tetap melakukan pengamanan sebaik mungkin, sehingga pelaksanaan TdM dapat berjalan dengan aman dan lancar. “Keamanan itu tanggungjawab kita. Apapun alasannya, kegiatan TdM ini, harus berjalan dengan sukses. Karena jika ini sukses maka akan ada tour-tour yang lain di bumi raja-raja ini. Kita harus bersyukur daerah kita dipercayakan untuk menyelenggarankan kegiatan sebesar ini. Jangan kecewakan para peserta,” ingatnya saat memberikan arahan kepada seluruh personil sebelum simulasi dilaksanakan, di kawasan Lapangan Merdeka.

Mantan Karo PID, Divhumas Polri ini juga memantau langsung simulasi yang berlangsung di Kota Ambon. “Mari sama-sama kita sukseskan kegiatan ini. Masih ada sejumlah kekurangan, namun itu akan kita benahi, sehingga kegiatan ini, bisa berjalan dengan sukses,” kata dia.

Selain itu, Heru Tri Sasono juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di etape I hingga IV agar memperhatikan hewan peliharaan mereka, sehingga saat kegiatan itu berlangsung seluruh hewan ternak dapat dikandangkan. “Hewan liar disana banyak. Baik sapi, kambing, anjing, ayam dan lainnya, Tolong pas waktu pelaksanaan, tidak melepaskan hewannya, karena akan sangat mengganggu balapan ini. Kemudian yang lain, permasalahannya aktivitas masyarakat sehingga kita menghimbau kepada pemerintah daerah, untuk aktivitas masyarakat PNS dan anak sekolah diliburkan, karena yang dipakai ini jalan utama. kemudian masyarakat terutama pemilik kendaraan tidak parkir di lintasan-lintasan yang dilalui peserta,” pungkasnya. (AHA)

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!