Genjot Pariwisata Melalui TdM – Ambon Ekspres
Berita Utama

Genjot Pariwisata Melalui TdM

AMEKS ONLINE, AMBON.—Balap sepeda Tour de Molvccas (TdM) resmi dibuka Menteri Kordinator Kemaritiman, Jenderal Purn Luhut Binsar Panjaitan, Minggu (17/9). Mantan Menkopulhukam itu mengatakan, pemerintah kini tengah menjadikan pariwisata sebagai salah satu program unggulan dalam meningkatkan pendapatan negara, hingga ke tingkat provinsi termasuk Maluku. ‘’Kami senang ada disini, program pariwisata merupakan program unggulan pemerintah. Jadi 2019 kita targetkan akan mencapai 20 juta wisatawan.

Penerimaaan negera terbesar itu dari sektor pariwisata sekitar Rp 20 M lebih. Jadi ini menjadi perhatian bersama kita. Termasuk pariwisata di Maluku juga harus digenjot, untuk meningkatkan pendapatan daerah ini,” kata dia saat membuka pelaksanaan TdM di Kediaman Gubernur Maluku.

Menurut alumnus Akabri 1970 ini, Maluku terutama Kota Ambon, memiliki petensi sumber daya alam yang sangat luar bisa. Salah satunya dari sector pariwisata. Sayangnya belum dikelola dan dimanfaatkan dengan baik. Untuk itu, kegiatan Tour de Molvccas hendaknya dapat dimanfaatkan secara baik demi kemajuan pariwisata di daerah seribu pulau ini. “Maluku, termasuk Kota Ambon, punya potensi yang luar biasa. Oleh karena itu pemerintah ingin mendorong Maluku ini menjadi bagus. Saya melihat dibawa kepemimpinan Said Assagaff dan walikota terlihat Ambon bersih. Saya kira itu indikasi dari pada leadership untuk melakukan semua perubahan ini,” tuturnya.

Meski Ambon terlihat bersih, kata dia, namun perlu dukungan dari masyarakat. Karena pariwisata itu terlihat dari kebersihan. “Sampah plastik itu menjadi satu isu yang tidak bisa ditawar dan menjadi tugas kita bersama untuk melihat hal itu. Indonesia tengah memprogramkan pembersihan plastik dan program bersih sampah plastik ini juga jalan di Maluku,” tegas dia.

Luhut mengaku, pelaksanaan event bertaraf internasional ini masih memiliki sejumlah kekurangan. Namun hal itu dapat dibenahi dan diperbaiki, karena event ini menjadi dorongan bagi peningkatan pariwisata di Maluku. “Saya kira inikan baru awal. Jadi disana-sini kita perlu diperbaiki dan saya pikir tahun depan harus lebih bagus. Saya kira akan menjadi tour yang bagus. Jarak 714,9 km, keliling berbagai tempat di Maluku. Saya lihat Kota Ambon bersih dan damai. Satu hal yang menarik. Banyak daerah di Maluku yang baik. Jadi mari kita sekarang bawa, kebersamaan, persatuan, kesatuan dan kebersihan,” jelas dia.

Luhut menghimbau kepada pimpinan dan masyarakat Maluku agar bersama-sama membangun Maluku menjadi negeri pariwisata. “Saya bangga melihat Ambon yang semakin baik semakin bagus dan kita jaga, kita pelihara sehingga kita bisa hidup berdampingan dengan lebih bagus lagi. Semua ini untuk Maluku yang lebih baik,” tutupnya.

Prev1 of 2

Most Popular

To Top