Hari Ini Jamaah Haji Maluku Tiba – Ambon Ekspres
Berita Utama

Hari Ini Jamaah Haji Maluku Tiba

Ilustrasi/Net

AMEKS ONLINE, AMBON.—Senin (18/9) hari ini, jamaah haji asal Maluku tiba di Kota Ambon. Sebanyak 450 jamaah yang tergabung dalam kloter 13 di datangkan lebih awal dari embarkasi Makassar menuju Bandara Pattimura Ambon. Kedatangan jamaah dengan maskapai Garuda Indonesia ini dilakukan dalam dua kali penerbangan yakni pukul 06.30 WIT dan 13.00 WIT. “Jamaah Maluku yang tergabung dalam kloter 13 sebanyak 450 orang, besok (hari ini-red) mereka sudah tiba di Kota Ambon dengan mengunakan pesawat Garuda. Mereka didatangankan dengan dua penerbangan, pagi dan siang,” ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad kepada Ambon Ekspres via seluler, Minggu (17/9).

Sementara kloter 14 dengan 450 jamaah, kata dia, akan tiba pada Selasa (19/9), juga dengan dua penerbangan. Sedangkan kloter 15 akan tiba pada Rabu (20/9) dengan satu kali penerbangan dengan 198 orang jamaah.
Fesal menjelaskan, jamaah haji Maluku kloter 15 berasal dari Kabupaten Maluku Tenggara, Kota Tual dan sekitarnya. Mereka akan transit di Kota Ambon dan selanjutnya menuju Maluku Tenggara. “Kedatangana jamaah kloter 14 sama halnya dengan kloter 13, karena jumlahnya sama. Kemudian untuk kloter 15, mereka ini jamaah asal Kabupaten Maluku Tenggara, setelah dari dari Makassar transit ke Kota Ambon, kemudian baru diterbangkan lagi ke Malra,” katanya.

Dia mengatakan, jamaah selain dari Maluku Tenggara, setelah tiba di Kota Ambon, akan ditampungkan ke asrama haji Waiheru dan balai diklat Kemenag Maluku sambil menunggu waktu kepulangan mereka ke kampung halamannya masing-masing. “Jamaah yang sudah tiba, akan kita tampung di asrama haji dan balai diklat sambil mengunggu waktu kepulangan mereka ke daerah masing-masingjelas Musaad.

Dia berharap, para jamaah yang dipulangkan semuanya dalam kondisi sehat walaafiat, karena selama perjalanan haji tahun ini, sebanyak 6 jamaah haji asal Maluku yang meninggal dunia di Mekkah maupun di Madina karena sakit. ‘’Jadi dari total 1.090 orang yang diberangkatkan, yang kembali 1.084 karena 6 orang meninggal dunia. Saya berharap, jamaah yang kembali ini tiba dengan kondisi sehat dan bisa bertemu lagi dengan keluarganya. Itu yang terpenting,” paparnya.

Kepulangan para jamaah ini, kata dia, nantinya akan dijemput Guberur Maluku Said Assagaff, Pangdam XVI/Pattimura, Kapolda Maluku, para pemuka agama serta keluarga para jamaah. Kehadiran para semua pemuka agama, tambah dia, merupakan bagian dari bentuk rasa solidaritas dan kebersamaan antara umat beragama di Maluku. “ Jadi Kemenag akan mengundang pihak terkait, yakni Gubernur semua pemuka agama dan juga TNI/Polri sehingga ini menjadi bagian rasa kebersamaan kita sebagai umat beragama, dan orang basudara di Maluku yang terus dipupuk,” ungkapnya. (WHB)

Most Popular

To Top