Jokowi Sarankan Film G 30 S/PKI Diperbarui – Ambon Ekspres
Nasional

Jokowi Sarankan Film G 30 S/PKI Diperbarui

Presiden RI, Joko Widodo

AMEKS ONLINE. — Pro kontra terkait penayangan kembali film Pengkhianatan G 30 S/PKI sedang menghangatkan Tanah Air. Presiden Joko Widodo pun berkomentar tentang hal ini.

Jokowi –panggilan kondangnya–menyatakan, mengambil pelajaran dari sejarah merupakan hal yang penting. Namun, dia juga mengharapkan adanya cara yang kekinian untuk memahami sejarah. Tujuannya agar generasi milenial juga tertarik mempelajari sejarah.

“Menonton film apalagi mengenai sejarah itu penting, tapi untuk anak-anak milenial yang sekarang mestinya dibuatkan lagi film yang bisa masuk ke mereka. Biar mereka paham bahaya komunisme, biar tahu juga mengenai PKI,” ujar Jokowi kepada wartawan di Magelang,Jawa Tengah, Senin (18/9/2017).

Menurutnya, akan lebih baik bila ada film baru tentang bahaya PKI. ”Agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi-generasi milenial,” tambahnya.

Seperti diketahui, pemutaran film G 30 S/PKI menjadi polemik. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sudah menginstruksikan jajarannya untuk memutar ulang film itu dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Di sisi lain, banyak pihak yang menentang pemutaran ulang film yang disutradarai Arifin C Noer itu. Di antara yang menolak pemutaran ulang film G 30 S/PKI adalah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan PBNU. Penolakan juga diuatarakan putri kedua Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri. (fat/jpnn/fajar)

Most Popular

To Top