Fatlolon: Bendahara Desa Akan Dibekali

by

AMEKS ONLINE, SAUMLAKI.– Bupati Maluku Tenggara Petrus Fatlolon berencana akan menata pengelolaan dana desa. Penataan pengelolaan dalam rangka menghindari penyalahgunaan keuangan desa.

Dia mengaku, sebagai bentuk pengawasan, dirinya meminta keterlibatan Kejaksaan Negeri Saumlaki. “Kepala desa sudah meneken kerjasama dengan kejaksaan sehingga pengelolaan dana desa dapat diawasi menghindari penyalahgunaan keuangan desa,” ungkap Fatlolon di Saumlaki, kemarin.

Melalui kerjasama itu, kinerja pengelolaan keuangan desa akan diawasi langsung oleh kejaksaan. Bahkan, desa akan dibimbing sehingga menghindari adanya pelanggaran hukum dalam pengelolaan dana desa.

Selain itu, dalam rangka penguatan perangkat desa, Fatlolon menyebutkan, kepala desa terutama bendahara akan diberikan penguataan dalam perencanaan dan pertanggungjawaban keuangan.

Nantinya juga, tambah Fatlolon, dari dana desa direncanakan ada peruntukan anggaran bagi membantu proses pelayanan tokoh-tokoh agama di tiap desa. “Saya berjanji, akan mengawal dana desa hingga selesai penggunaan sesuai peruntukannya,” janjinya. (SAT)