Momentum Evaluasi Diri – Ambon Ekspres
Berita Utama

Momentum Evaluasi Diri

SAHDAN FABANYO/AMEKS PAWAI Ta’aruf: Umat muslim melaksanakan Pawai Ta’aruf memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 H melewati sejumlah ruas jalan utama Kota Ambon, Kamis (21/9).

AMEKS ONLINE, AMBON.- Seluruh umat Islam di dunia merayakan tahun baru sesuai kalender Islam, yakni 1 Muharram 1439 Hijriah, Kamis (21/9). Untuk itu, seluruh umat Islam diharapkan selalu bersatu dalam meningkatkan ibadah kepada Allah SWT.

Sekretaris Komisi Dakwah MUI Maluku, Ustadz Arsal R Tuasikal mengatakan, Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriah merupakan momentum evaluasi diri dalam ajaran agama Islam. Evaluasi diri secara pribadi dan evaluasi diri secara keumatan.

Dalam konteks pribadi, kata dia, setiap umat Islam di dunia harus menyadari waktunya. Artinya menyadari bahwa waktunya di dunia hanya ditinggal sedikit sehingga harus bisa memperbaiki diri untuk lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.

Sementara secara keumatan, lanjut Tuasikal, umat Islam secara kolektif dituntut untuk bersatu menyikapi masalah keumatan. Ini agar kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merupakan bagian dari 4 pilar kebangsaan bisa tetap stabil dan aman. “Al Qur’an berpesan, demi masa, sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi. Maka siapakah yang merugi, mereka adalah orang-orang yang menyia-nyiakan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Maka secara pribadi harus lebih baik dari tahun lalu. Dan masalah keumatan di Palestina, Rohingya maupun Suriah, maka umat Islam di Indonesia harus tetap menjaga kondisi NKRI yang stabil dan aman,” terang Tuasikal kepada Ambon Ekspres, Kamis (21/9).

Menurutnya, belakangan ini umat Islam sering diuji dengan berbagai permasalahan. Baik di dalam maupun di luar negeri. Seperti tragedi di Rohingya maupun di Timur Tengah. Kondisi ini harus menjadi pelajaran tersendiri untuk memperkuat persatuan dalam meningkatkan ibadah kepada Allah SWT sehingga umat selalu dijauhkan dari persoalan-persoalan tersebut. “Belakangan ini, iman kita sering diuji dengan berbagai persoalan. Maka lewat Tahun Baru Islam, mari kita mengevaluasi diri untuk baik dari sebelumnya,” ajaknya.

Diakuinya, konteks lokal yang perlu diketahui dimana umat Islam Maluku harus tetap menjadi pionir dalam mendorong pembangunan di negeri para raja-raja ini. Tentu dengan menciptakan suasana yang selalu kondusif untuk kehidupan antar umat beragama di Maluku. “Mewakili MUI Maluku, kami berharap, umat Islam di Maluku bisa terus bersatu dan terus menjaga Ukhuwah Islamiyah. Ini agar gerakan besar kekuatan umat, bisa dibangun dan dikondisikan untuk kebaikan umat Islam dalam menjaga kehidupan antar umat beragama di Maluku,” harapnya.(ISL)

Prev1 of 2

Click to comment

Most Popular

To Top